Sukses

China Siap Sokong Myanmar di Proyek Infrastruktur Raksasa

Presiden China Xi Jinping telah mengunjungi Myanmar. Dalam kunjungannya, China dan Myanmar akan berencana melakukan proyek kerja sama di bidang infrastruktur.

Liputan6.com, Naypyidaw - China dan Myanmar akan menandatangani kesepakatan infrastruktur raksasa, setelah pertemuan pada Sabtu 18 Januari 2020 antara Presiden Xi Jinping dan penasehat negara, Aung San Suu Kyi, yang berjanji akan selalu bersama Beijing "sampai akhir dunia".

Kunjungan kenegaraan pemimpin China selama dua hari ke Myanmar berawal ketika para investor Barat melakukan peletakan batu besar di seluruh negeri karena krisis Rohingya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (18/1/2020).

Tindakan keras militer tahun 2017 terhadap minoritas Muslim, yang oleh para penyelidik PBB disebut genosida, memaksa sekitar 740.000 Rohingya melintasi perbatasan ke Bangladesh.

Beijing tetap kuat memihak pada Myanmar meskipun ada kecaman.

Setelah tiba pada hari Jumat, Xi menyebut kunjungan itu sebagai "momen bersejarah" untuk hubungan antara kedua tetangga, menurut surat kabar yang dikelola pemerintah bernama Global New Light of Myanmar.

Dia juga mengatakan adanya "ketidakadilan dan ketidaksetaraan dalam hubungan internasional" terhadap apa yang dilakukan oleh Amerika Serikat, yang telah memberi sanksi kepada kepala militer Myanmar Min Aung Hlaing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Myanmar Akan Selalu Berpihak Pada China

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi - yang reputasinya tercoreng di mata Barat karena pembelaannya terhadap tentara atas tindakan keras Rohingya, mengatakan bahwa Myanmar akan selalu berada di pihak China.

"Tak perlu dikatakan bahwa negara tetangga tidak punya pilihan lain, selain berdiri bersama sampai akhir dunia," katanya saat perayaan Jumat malam.

China yang dijuluki sebagai raksasa Asia, sekarang adalah investor terbesar bagi Myanmar. Sejumlah bentuk kerja sama antara keduanya termasuk pelabuhan laut, beberapa zona ekonomi dan jalur kereta api berkecepatan tinggi yang melintasi negara itu.

Apa yang disebut "Koridor Ekonomi China-Myanmar" akan mengukir jalur infrastruktur dari China yang terkurung ke selatan ke negara bagian Rakhine barat Myanmar - gerbang Beijing yang telah lama ditunggu-tunggu ke Samudra Hindia.

Perjanjian multi-miliar dolar itu akan dibahas Sabtu, di antara pertemuan dengan Suu Kyi dan kepala militer, yang dituduh mendalangi penumpasan Rohingya.

China tetap menjadi sekutu yang sangat diperlukan bagi tetangganya di Asia Tenggara, yang menggunakan hak veto pelindung di Dewan Keamanan PBB.

Tetapi ketidakpercayaan yang meluas terhadap ambisi Beijing tetap ada di antara mereka, yang skeptis bahwa manfaat ekonomi akan turun ke massa.

Di ibukota komersial Yangon, pengunjuk rasa diperkirakan akan melakukan unjuk rasa menentang pemulihan kembali bendungan raksasa yang didukung China.

Proyek Myitsone senilai US $ 3,6 miliar 6.000 megawatt ditangguhkan pada tahun 2011 dalam menghadapi kritik keras di seluruh negeri. Ini diyakini telah menjadi penghinaan pribadi terhadap Xi, yang menandatangani kesepakatan dengan junta militer Myanmar saat itu sebagai wakil presiden pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.