Sukses

Letnan Arab Saudi Lakukan Penembakan Massal di Markas AL Florida, 4 Orang Tewas

Letnan asal Arab Saudi menjadi pelaku penembakan. Kejadian ini menambah sejarah buruk penembakan massal di AS.

Liputan6.com, Florida - Perwira militer asal Arab Saudi menjadi tersangka penembakan massal di Pangkalan Udara Angkatan Laut Pensacola di Florida. Ia merupakan bagian dari militer Saudi yang sedang ikut latihan terbang di pangkalan itu.

Dilansir CNN, Sabtu (7/12/2019), penembakan terjadi pada Jumat pagi 6 Desember oleh warga Arab Saudi bernama Mohammed Alshamrani yang berpangkat Letnan Dua. Pelaku menewaskan tiga orang serta melukai setidaknya 11 orang lain.

Senjata yang digunakan pelaku adalah jenis pistol tangan (handgun). Ia tewas setelah adu tembak dengan dua petugas yang ikut terluka. Total korban pun menjadi empat orang, termasuk pelaku.

FBI sudah mengambil alih investigasi kasus ini. Kasus penembakan ini belum ditetapkan sebagai kasus terorisme.

Nama-nama korban sejauh ini belum dirilis, sampai pihak berwajib menghubungi keluarga mereka.

Pelaku mulai latihan di AS pada Agustus 2017 sebagai bagian dari program tiga tahun. Pihak Kementerian Pertahanan Amerika menyebut pelaku belajar penerbangan dasar, pelatihan pilot, dan Bahasa Inggris.

Gubernur Florida Ron DeSantis meminta pemerintah Arab Saudi agar bertanggung jawab pada korban serta mempertanyakan pelatihan militer warga asing. Namun, pihak militer berkata kehadiran murid internasional adalah hal wajar dan ada ratusan murid asing di pangkalan Pensacola.

"Selalu ada murid-murid internasional yang berlatih di sini, karena tempat ini bagus sebagai tempat latihan. Ini adalah pelatihan berkualitas bagus," ujar Commading Officer dari Pangkalan Udara Pensacola, Kapten Tim Kinsella.

Insiden penembakan ini terjadi tak lama usai pria diduga petugas militer menembak dua orang di Pearl Harbour pada Rabu siang 4 Desember 2019. Pelaku yang merupakan anggota Angkatan Laut AS bunuh diri di lokasi kejadian.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raja Arab Saudi Ikut Berduka Cita

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa Raja Salman dari Arab Saudi telah menelepon. Sang raja turut mengecam penembakan yang terjadi dan menegaskan rakyat Arab Saudi marah akibat peristiwa itu. 

"Raja Salman dari Arab Saudi baru saja menelepon untuk mengungkapkan rasa berduka citanya dan memberikan simpatinya ke keluarga dan sahabat dari kesatria yang terbunuh dan terluka dalam serangan yang terjadi di Pensacola, Florida," tulis Trump pada Jumat kemarin waktu setempat.

"Sang Raja juga mengatakan rakyat Saudi sangat marah oleh aksi barbar si penembak, dan orang ini tidaklah mewakili dalam bentuk apapun perasaan rakyat Arab Saudi yang mencintai rakyat Amerika," ujar Trump.

Gedung Putih masih memonitor kejadian ini dan telah menghubungi pejabat setempat untuk menawarkan bantuan.

3 dari 3 halaman

Jejak Digital

FBI menyebut masih belum mengetahui motif dari penembakan. Para investigator juga sedang mencari tahu bagaimana pelaku yang merupakan warga asing bisa mendapatkan senjata api.

Pelaku seharusnya belajar di AS hingga Agustus 2020. Sumber CBS News menyebut investigator sudah berbicara dengan warga Saudi lainnya yang terkait penembakan. Hingga kini belum ada penahanan atau penetapan tersangka.

Middle East Media Research Institute menemukan jejak digital di Twitter yang diduga milik si penembak. Pelaku berkata tidak membenci orang Amerika, tetapi ia marah karena kebijakan AS yang mendukung Israel.

"Apa yang saya lihat dari Amerika adalah mendukung Israel yang merupakan bentuk penjajahan negara Muslim," tulis akun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.