Sukses

Drama Keluarga di Belanda Ditemukan Setelah 9 Tahun Terkurung

Liputan6.com, Drenthe - Seorang ayah dan lima anaknya ditemukan dalam ruangan kecil pada sebuah perkebunan di Belanda. Mereka dilaporkan telah terkurung di ruangan itu selama sembilan tahun.

Terungkapnya kasus itu setelah sang ayah berhasil keluar dari rumah tersebut dan bertemu seorang pemilik bar yag kemudian membatunya.

Adalah Chris Westerbeek, seorang pemilik bar di Belanda yang menyadari hal aneh ketika seorang pengunjung masuk ke tokonya untuk kedua kalinya dalam pekan itu.

Pemilik bar yang berusia 27 tahun itu memutuskan untuk mengajaknya bicara dan ia sadar bahwa pria tersebut membutuhkan bantuan polisi.

Dilansir dari ABC, Rabu (16/10/2019), polisi kemudian menemukan lima anak dan pria tersebut yang teridentifikasi sebagai ayah anak-anak itu, di sebuah ruangan dalam perkebunan dekat Ruinerwold, desa di sebelah utara Drenthe, Belanda.

Westerbeek mengatakan, pada kunjungan pertama, pria tersebut hanya memesan beberapa gelas bir kemudian membayar dan meninggalkan bar tersebut. Pada kunjungan keduanya, ia tidak memesan apapun melainkan memohon bantuan.

"Ia tidak mengatakan banyak hal, hanya saja ia memohon bantuan dan ia tidak bisa pulang ke rumahnya lagi. Sejak itu, saya memutuskan untuk menghubungi polisi," jelas Westerbeek kepada ABC.

Ketika Westerbeek menghubungi polisi, pria tersebut hanya menunggu di luar, tidak menjawab pertanyaannya dan juga tak memberi kontak mata sama sekali.

Westerbeek juga mengatakan, pria tersebut menghampiri barnya dengan penampilan yang berantakan. Rambutnya panjang, terlihat bingung dan dari cara ia berkomunikasi, jelas pria tersebut sedang membutuhkan bantuan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Berhasil Dievakuasi

"Kami menemukan enam orang tinggal di sebuah ruangan kecil yang mungkin saja terkunci. Namun bukan ruangan bawah tanah. Saat ini masih belum pasti apakah mereka tinggal di sana atas kemauan mereka sendiri atau tidak," jelas pihak kepolisian yang turut menjelaskan bahwa keluarga tersebut sudah tinggal disana selama sembilan tahun.

"Mereka bilang bahwa mereka adalah sebuah keluarga, dengan seorang ayah dan 5 anak," tambahnya.

Ibu dari kelima anak tersebut sudah meninggal sebelum pindah ke tempat tersebut. 

Walikota setempat, Roger de Groot mengatakan bahwa mereka kini berada di tempat yang aman, layak dan mendapat perawatan yang baik. Polisi menemukan sebuah pintu masuk rahasia di balik lemari yang berada di ruang tamu rumah tersebut. 

Menurut laporan stasiun TV lokal, mereka dapat bertahan hidup dari sayuran dan hewan yang ada di kebun kecil rumah itu. 

Sebelumnya, pihak kepolisian telah menangkap seorang laki-laki yang diidentifikasi sebagai 'Joseph B', seorang tukang kayu yang berusia 58 tahun. Polisi telah mengkonfirmasi bahwa Joseph menyewa perkebunan tersebut namun masih belum diketahui kaitannya dengan kasus ini.

Kini, pihak kepolisian masih melakukan investigasi lebih lanjut mengenai kasus ini. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bappenas Luncurkan Indeks Terhadap Keadilan dalam INLU 2019
Artikel Selanjutnya
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Disebut Mirip Orang Belanda