Sukses

Begini Cara Membelai Kucing yang Benar Menurut Sains

Kucing dan manusia adalah sahabat, namun banyak manusia yang tidak paham cara membuat nyaman kucing dengan benar, khususnya saat membelai mereka. di sini cara membelai kucing dengan baik menurut sains.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang sering kali mengalami didatangi seekor kucing yang terlihat ramah dan minta dibelai, namun setelahnya dia malah menggigit. Bukan salah kucing jika mereka tidak suka di belai di beberapa tempat sensitif mereka, manusia juga yang sebenarnya tidak paham cara membelai kucing dengan benar.

Untuk memahami mengenai hal ini, pertama-tama perlu diketahui dulu mengenai keturunan kucing.

Dulunya, kucing hanya dianggap sebagai pemangsa hama, namun setelah zaman modern kucing kini dianggap sebagai sahabat bulu manusia.

Berbeda dengan kucing rumah, seekor kucing liar biasanya hidup sendiri dan berkelana untuk mencari mangsa. Mereka tidak terlalu menyukai untuk bertemu hewan lain untuk berkomunikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kucing dan Manusia

Yang bisa menjadikan manusia dan kucing sebagai sahabat sejak 4.000 tahun lalu adalah, manusia yang menyukai karakteristik kucing seperti wajah imut mereka, bentuk yang kecil dan lucu, atau bahkan mata mereka yang besar. Maka tidak heran, jika saat penyuka kucing melihat hewan ini mereka langsung ingin membelai dan menggaruk tubuh mereka yang lembut itu.

Namun sejujurnya, tidak semua kucing merasa senang jika dipegang oleh sesuatu yang asing bagi mereka.

Sering kali kucing tertarik dengan manusia karena interaksi dengan manusia adalah sesuatu yang mereka harus pelajari, manusia bisa saja suka dengan keberadaan mereka dan memberi kasih sayang atau makanan.

Karakteristik manusia juga sama pentingnya, bagaimana manusia memahami bahwa banyak wilayah tubuh kucing yang sensitif sehingga tidak seenaknya menangani kucing yang ingin dibelai. Namun, semuanya kembali lagi ke bagaimana sang kucing merespons perhatian yang kita berikan kepadanya.

3 dari 3 halaman

Cara Membelai Kucing dengan Baik

Kuncinya untuk bisa membelai kucing dengan baik adalah bagaimana kita sebagai manusia memahami dan mengontrol kucing tersebut. Lihat apa mereka ingin dibelai atau tidak dan kontrol di mana kita ingin menyentuk mereka.

Manusia harus bisa mengendalikan diri, jangan karena terlalu lucu kita sembarang menyentuh kucing. Hal ini bisa melukai mereka atau bahkan melukai diri kita sendiri.

Sebenarnya, seperti dikutip dari independent.co.uk, Minggu (15/9/2019), sebuah penelitian mengatakan bahwa berinteraksi dengan kucing akan lebih lama jika kucing tersebut yang berkeinginan untuk berinteraksi ketimbang manusia.

Sangat penting juga untuk memperhatikan perilaku dan postur kucing selama interaksi, untuk memastikan mereka merasa nyaman. Sebagai panduan umum, kucing yang paling ramah akan senang disentuh di sekitar daerah di mana kelenjar wajah mereka berada, termasuk pangkal telinga mereka, di bawah dagu dan di sekitar pipi mereka.

Tempat-tempat ini biasanya lebih disukai daripada daerah-daerah seperti perut, punggung, dan pangkal ekornya.

 

Reporter: Windy Febriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.