Sukses

4 Chef Terkemuka Indonesia Promosikan Kuliner Khas Tanah Air di India

Liputan6.com, New Delhi - Masih dalam rangkaian perayaan 70 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia, setelah mengikuti kegiatan pada International Hospitality Expo yang berlangsung dari 7-10 Agustus, KBRI New Delhi kemudian memboyong para chef untuk melakukan aksinya di Leela Palace mulai 11-14 Agustus.

Hotel berkelas bintang 5 ini pernah dijadikan tempat menginap Presiden RI dan juga beberapa kepala negara lainnya, memberikan tempat dua restoran berbeda untuk peluncuran Indonesian Food Festival, demikian seperti dikutip dari rilis KBRI New Delhi yang dimuat Liputan6.com, Jumat (23/8/2019).

Mempelajari portofolio para Chef, manajemen Leela Palace memutuskan 4 chef Indonesia, Yuda Bustara, Gupta Sitorus, dan Kevindra Soemantri, dibantu asisten chef Jovan Hernando untuk menyajikan masakannya pada tanggal 11 Agustus di restoran Le Cirque, sementara untuk kegiatan selanjutnya 12-14 Agustus dialokasikan di restoran The Cube.

Sebanyak 25 jenis masakan Indonesia disajikan untuk memanjakan lidah para pengunjung hotel dan juga kepada undangan khusus dari KBRI New Delhi pada saat peluncuran Indonesian Food Festival tanggal 11 Agustus di hotel India tersebut.

Ke-25 jenis masakan terebut antara lain seperti tuturuga, sate lilit Bali, ketan sarikaya dan termasuk beberapa makanan nasional yang sudah ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai masakan nasional antara lain tongseng kambing, gado-gado, sate dan soto ayam.

Keputusan pihak manajemen hotel untuk memberikan kesempatan kepada para Chef memasak dan menyajikan masakan Indonesia pada saat peluncuran Indonesian Food Festival di resoran Le Cirque adalah suatu penghargaan dan kehormatan bagi Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa memasak di tempat terkemuka seperti Leela ini yang merupakan tempat tinggal para kepala negara saat berkunjung ke India," ungkap Gupta. Presiden Jokowi sempat menginap di Leela Palace saat kunjungan kenegaraannya di 2016.

Gupta menambahkan, restoran Le Cirque yang ada di Leela Palace merupakan cabang Le Cirque Manhatttan yang terkenal berhasil menghasilkan chef chef terkemuka kelas dunia seperti Daniel Boulud, Jacques Torres, Thomas Keller dan Gail Simmons.

2 dari 2 halaman

Partisipasi Pejabat RI

KBRI New Delhi mengadakan 2 sesi undangan di restoran Le Cirque yaitu lunch dan dinner pada tanggal 11 Agustus. Untuk undangan lunch, dihadiri oleh para Duta Besar dari negara sahabat antara lain Tiongkok, Korea Selatan, Selandia Baru, Australia, dan negara-negara anggota ASEAN, serta pejabat dari Kementerian Luar Negeri India, dan beberapa petinggi dari Kamar Dagang dan Industri India.

Sementara untuk sesi dinner, undangan dihadiri oleh komunitas food bloggers, food critics, wartawan dan akademisi.

Para Duta Besar, pejabat dan tamu India lainnya sangat menikmati sajian yang dibuat oleh para Chef. Mereka memuji masakan yang disajikan, bahkan sampai ada yang menambah hingga beberapa kali.

"Ini sungguh enak rasanya," ujar Duta Besar Thailand untuk India, Chuntintorn Gongsakdi seraya menunjuk tongseng kambing yang tengah diambilnya.

"Saya melihat adanya kemiripan masakan antara Thailand, Indonesia, Vietnam dan Kamboja, dan ini sangat luar biasa," imbuh Duta Besar Chuntintorn yang sepertinya juga penggemar kuliner.

Sementara dari kalangan food bloggers dan wartawan yang hadir pada saat dinner menyatakan masakan yang disajikan cukup fantastis. Banyak alternatif masakan khusus untuk penganut vegetarian.

"Saya vegetarian, dan makanan yang disajikan malam ini memberikan banyak alternatif bagi India untuk menyajikan menu bagi vegetarian. Seperti gado-gado dan kangkung plecing, saya pikir ini bisa dinikmati dan menjadi alternatif tambahan masakan bagi kami yang vegetarian," ungkap Angkit, salah satu food blogger yang diundang.

Untuk selanjutnya, Indonesian Food Festival akan digelar di restoran The Cube, Leela Palace yang sifatnya terbuka bagi masyarakat India yang ingin menikmati sajian masakan Indonesia mulai 12-14 Agustus.

Hari ini (12/8/2019) tercatat telah hadir 45 orang yang datang ke Leela Palace untuk menikmati hidangan masakan Indonesia. Ini sesuai dengan harapan KBRI New Delhi selaku penyelenggara Indonesian Food Festival.

 

Reporter: Windy Febriana

Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Minta OKI Dorong Isu Israel Caplok Tepi Barat Palestina ke DK PBB
Artikel Selanjutnya
Uni Eropa: Privasi Data Bikin Bisnis Makin Unggul