Sukses

Pentingnya Peran Hutan Hujan Amazon sebagai Paru-Paru Dunia

Liputan6.com, Brasil - Hutan hujan Amazon di Brasil disebut sebagai paru-paru dari planet bumi karena peran pentingnya menyerap CO2 atau karbon dioksida. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang menurut para ilmuwan membantu menyebabkan kenaikan suhu dunia. 

World Wildlife Fund (WWF) mengatakan, hutan di wilayah Amerika Latin tersebut dapat menyerap antara 90 sampai 140 miliar ton karbon dioksida. Hal tersebut dapat membantu untuk mengatur pemanasan global di seluruh dunia. 

Hutan hujan Amazon juga memiliki peran sebagai penghasil O2 atau oksigen. O2 dibutuhkan semua makhluk hidup untuk bernapas dan bertahan hidup, karena alasan tersebut hutan hujan Amazon disebut sebagai paru-paru dunia.

Seperti dilansir bbc.co.uk, hutan tersebut dapat dipandang sebagai alat untuk melawan pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi.

 

2 dari 5 halaman

Hutan Hujan Tropis Terbesar di Dunia

Hutan hujan Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia dengan mayoritas wilayah berada di negara Brasil.

Hutan tersebut berlokasi di sembilan negara yang berbeda. Namun, wilayah hutan yang paling banyak berlokasi di negara Brasil dengan persentase sebesar 60 persen.

Namun, semenjak Jair Bolsonaro berkuasa sebagai Presiden Brasil di awal tahun 2019, foto satelit menunjukkan peningkatan tajam dari pembukaan lahan/lahan gundul.

3 dari 5 halaman

Cagar Alam Keanekaragaman Hayati

Berdasarkan Amazon Cooperation Treaty Organization (ACTO), ditemukan 30.000 tipe tumbuhan, 2.500 ikan, 1.500 burung, 500 mamalia, 550 serangga, dan 2,5 juta serangga di cagar alam dalam hutan tersebut.

Hutan tropis tersebut memiliki zona yang dilindungi sebesar 2,1 juta kilometer persegi. Zona tersebut berfungsi sebagai cagar alam keanekaragaman hayati.

Seperempat spesies makhluk hidup yang ada di bumi ditemukan di hutan hujan tropis Amazon.

4 dari 5 halaman

Penggundulan Hutan Adalah Masalah

Hutan hujan Amazon memiliki luas lebih dari 5 juta kilometer persegi. Wilayah tersebut merupakan area yang lebih luas daripada cakupan wilayah Uni Eropa sebagai perbandingan.

Penggundulan hutan telah menjadi masalah besar di Hutan Amazon. Penggundulan hutan yang terjadi mengurangi kapastitas penyerapan CO2, seperti dilansir rte.ie.

Dengan berbagai upaya dan kerja keras, penggundulan hutan harus dapat dikurangi. Hutan hujan ini adalah ibukota alami yang bernilai bagi planet bumi.

5 dari 5 halaman

Rekor Tertinggi untuk Kebakaran Hutan di Brasil

Kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon saat ini berada pada rekor tertinggi sejak Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (INPE) mulai melacak kebakaran hutan tersebut sejak tahun 2013. 

INPE menyebut ada 72.843 kebakaran di Brasil tahun ini, dan lebih dari setengahnya terjadi di wilayah Amazon. Angka tersebut adalah peningkatan lebih dari 80 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. 

Para ilmuwan memperingatkan bahwa hal tersebut dapat menjadi pukulan telak bagi perang melawan perubahan iklim, seperti dilansir cnn.com.

 

Reporter: Hugo Dimas

Loading
Artikel Selanjutnya
76 Persen Karhutla pada 2019 Terjadi di Lahan Terlantar
Artikel Selanjutnya
Mendagri Minta Pemda Anggarkan Dana untuk Pencegahan Karhutla