Sukses

Tak Hanya Kebakaran, 4 Situasi Mengerikan Ini Bisa Terjadi Saat Mati Listrik

Kebakaran adalah satu dari sejumlah insiden menakutkan yang terjadi akibat mati lampu. Bukan hanya kebakaran, ada sejumlah hal menakutkan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Akibat menyalakan lilin imbas dari mati listrik di Jabodetabek, dua tempat usaha di Cipondoh, Kota Tangerang, hangus terbakar.

Di salah satu tempat terjadinya kebakaran, pemilik usaha meninggal dunia dan satu lainnya mengalami luka bakar pada tubuhnya.

Kasus kebakaran adalah satu dari sejumlah insiden menakutkan yang terjadi akibat mati lampu.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019) berikut 4 insiden menakutkan yang terjadi akibat mati listrik:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Terjebak dalam Lift

Salah satu risiko yang dihadapi oleh sejumlah orang apabila mati lampu adalah terjebak dalam lift. Kita tidak tahu kapan dan dimana lampu akan mati.

Tapi, kasus ini kerap menjebak orang dalam kurun waktu yang cukup lama. Kasus mati lampu di New York pada Juli 1977 misalnya.

Akibat mati lampu dan kebakaran, petugas kebakaran harus menolong sejumlah orang yang terjebak di dalam lift.

Tak hanya menyebabkan sejumlah orang terjebak di dalam lift, insiden mati lampu juga menyebabkan sejumlah orang gagal nonton broadway dan pertunjukkan lainnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Meninggal di Rumah Sakit

Hal yang perlu diantisipasi dari insiden mati lampu adalah keselamatan seseorang yang sedang di rawat di rumah sakit.

Di Venezuela misalnya. Akibat pemadaman lampu, sekitar 15 pasien yang gagal ginjal dilaporkan meninggal dunia.

Sebanyak 80 anak bayi yang baru lahir juga meninggal dunia akibat pemadam listrik. Hal semacam ini tentu harus diantisipasi sehingga tidak memakan korban.

 

4 dari 5 halaman

3. Penjarahan

Risiko lain yang tak kalah berbahaya adalah kasus penjarahan selama mati lampu berlangsung. Sejumlah oknum tidak bertanggungjawab tentu akan mengambil kesempatan ini.

Kasus ini pernah terjadi pada insiden mati lampu di New York City tahun 1977. Kala itu, penjarahan sejumlah toko terjadi hanya beberapa menit setelah mati lampu, demikian dikutip dari laman New York Post.

 

5 dari 5 halaman

4. Kehabisan Air

Pada pemadaman lampu di Venezuela, krisis air juga jadi permasalahan. Air bersih sulit didapat lantaran listrik tidak ada.

Pompa di Venezuela tidak berfungsi. Padahal sejumlah pejabat di Negeri Kaya Minyak itu sudah menjamin bahwa air akan baik-baik saja.

Dari banyaknya pompa air, hanya 100 - 1.800 yang berfungsi. Menteri Informasi Jorge Rodriguez mengatakan di televisi bahwa pemerintah akan terus menangani situasi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.