Sukses

Takut Pakai Pemutih? 5 Cara Ini Bisa Cerahkan Warna Baju Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini para ibu hanya mengandalkan pemutih pakaian dari bahan kimia untuk membersihkan pakaian putih dari noda membandel.

Merendam pakaian dengan pemutih pakaian memang sangat membantu. Tetapi apakah itu aman untuk anak-anak?

Selain berbahaya dan rentan membuat kulit iritasi, membersihkan pakaian dengan pemutih juga membuat bau baju kita berbeda.

Oleh karenanya Anda bisa mencoba alternatif lain. Dengan menggunakan bahan-bahan yang kebanyakan mudah didapatkan dan alami.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Selasa (16/7/2019) berikut 5 bahan alami yang bisa digunakan sebagai pemutih pakaian:

2 dari 6 halaman

1. Sinar Matahari

Setelah mencuci pakaian, gantunglah di tali jemuran dan biarkan sampai kering. Cara ini sebenarnya bukan rahasia lagi.

Namun, mengingat banyaknya orang yang mencuci menggunakan mesin cuci sebagai pengering pakaian, maka sinar matahari sudah jarang digunakan.

Padahal dengan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari akan memutihkan pakaian Anda tanpa bau dan bahaya pemutih.

Ini terjadi karena sinar ultraviolet matahari memecah ikatan kimia dalam noda, menyebabkan warna noda memudar. Ini adalah tindakan yang sama yang dilakukan agen pemutihan kimia.

 

3 dari 6 halaman

2. Perasan Lemon

Perasan lemon adalah pemutih yang sangat baik yang bisa memberi pakaian putih alami dan tidak memiliki risiko bahan kimia.

Campurkan setengah cangkir perasan lemon ke dalam 1 ember air panas. Aduk rata dan rendam pakaian Anda di dalamnya selama satu jam atau bahkan semalaman.

Bilas pakaian putih Anda lalu cuci pakaian Anda seperti biasa. Perasan lemon digunakan untuk menghilangkan noda karat dari pakaian.

4 dari 6 halaman

3. Cuka Putih

Cuka tidak hanya digunakan sebagai bahan penambah rasa pada makanan. Manfaat lainnya adalah sebagai pemutih dan menghilangkan noda paling sulit di pakaian.

Tak hanya noda di pakaian, cuka juga bisa menghilangkan bau tak sedap. Untuk memutihkan pakaian putih Anda, mencampur 1/4 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih. Gunakan solusi ini sebagai alternatif pemutih.

5 dari 6 halaman

4. Baking Soda

Baking soda (natrium bikarbonat) adalah bahan yang digunakan untuk mengembangkan kue agar tidak bantet.

Namun, di luar itu semua baking soda mampu menghilangkan noda membandel pada pakaian.

Soda kue juga merupakan pewangi alami, jadi pakaian Anda tidak hanya akan lebih cerah, tetapi mereka juga akan memiliki aroma yang sangat segar.

Soda kue juga merupakan antiseptik ringan, sehingga pakaian dan mesin cuci Anda akan terlindung dari pertumbuhan bakteri.

6 dari 6 halaman

5. Pewarna Biru Khusus

Pewarna biru jika diaplikasikan ke pakaian putih maka akan memberi kesan cerah. Ada banyak pewarna biru untuk pakaian yang bisa Anda gunakan.

Namun mesti diingat, jangan terlalu banyak mencampurkan cairan atau pewarna biru. Sebab, bukan kesan putih cerah yang akan terlihat namun warna biru yang mendominasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Gaya Santai Lulu Tobing di Suatu Sore dengan Baju Putih Motif Bunga
Artikel Selanjutnya
Cuaca Panas Baiknya Pakai Baju Putih atau Hitam?