Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

7 Suara Misterius yang Konon Menandakan Kehadiran Hantu, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Merasakan kehadiran hantu konon membangkitkan hampir seluruh panca indera manusia, yang kemudian memicu reaksi merinding dan was-was.

Meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah, namun ciri-ciri tersebut lazim diakui oleh banyak orang yang mengaku pernah bertemu atau berinteraksi dengan hantu.

Namun, dari seluruh sensasi yang dirasakan panca indera, bisa jadi suara adalah tanda yang paling umum dirasakan oleh manusia ketika menyadari kehadiran hantu, demikian sebagaimana dikutip dari situs web Destination America pada Senin (21/1/2019).

Berbagai film dan karya populer menggambarkan suara hantu identik dengan tawa memekik, dan sesekali dengungan yang mengejutkan. Namun, beberapa pengakuan dan juga penelitian yang dilakukan terhadap isu supranatural ini menyimpulkan bahwa ada lebih banyak suara yang bisa menandakan kehadiran sang makhluk tak kasat mata.

Suara-suara itu ada yang terdengar samar hingga mengagetkan, namun semua memiliki satu benang merah, membuat manusia bingung dan khawatir dalam satu waktu.

Berikut adalah tujuh suara misterius yang konon mengindikasikan kehadiran hantu, meski hantu kehariannya belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

 

Simak video pilihan berikut: 

2 dari 8 halaman

1. Erangan

Ini adalah efek suara yang sering digambarkan di berbagai kisah populer tentang hantu, di mana fokusnya berada pada suara erangan kesakitan atau siksaan.

Jika ditanya bagaimana ciri-ciri lebih jelasnya, banyak kesaksian menyebut bahwa erangan mistis cenderung terdengar pelan, namun memekakkan telinga.

Setelah mendengarnya, para saksi mengaku merasakan sebuah perasaan was-was yang lambat laun membuat mereka ketakutan. Meskipun, tidak ada penampakan fisik yang muncul.

3 dari 8 halaman

2. Bisikan

Pengakuan lain adalah ketika mereka merasakan aura mistis setelah mendengar suara bisikan yang tidak jelas, entah apakah itu suara dalam bahasa tertentu, atau gumaman bernada marah.

Satu hal yang pasti, banyak pihak sepakat bahwa suara bisikan tersebut berada pada frekuensi minor yang sukit dijangkau oleh telingan manusia.

4 dari 8 halaman

3. Langkah Kaki

Langkah kaki adalah bentuk suara misterius lain yang cukup sering dilaporkan oleh mereka yang menyadari kedatangan hantu, biasanya langkah kaki datang dengan embusan angin dingin.

Jarak suara dan telinga yang mendengarkan biasanya konstan, tidak pernah dekat atau jauh.

5 dari 8 halaman

4. Ketukan

Baik ketukan di lantai, dinding, ataupun pintu, suara ini adalah salah satu yang paling banyak diklaim oleh mereka yang pernah merasakan kehadiran hantu. Uniknya, suara ini tidak selalu hadir di lokasi sepi dan menyeramkan, bahkan bisa terdengar ketika sendirian di tengah keramaian.

6 dari 8 halaman

5. Tangisan

Begitu banyak kisah hantu muncul dari kisah-kisah penuh tragedi memilukan. Tangisan adalah ciri yang lazim menandai kehadiran makhluk tak kasat mata.

Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat dan Eropa, klaim tentang tangisan gaib kerap dikaitkan dengan kemunculan hantu berwujud wanita. Tidak jarang, suara pilu disertai dengan perbedaan intonasi, di mana semakin jauh terdengar mendadakan bahwa aslinya si hantu sedang berada dalam jarak dekat, dan berlaku anomali sebaliknya.

7 dari 8 halaman

6. Suara Mengejutkan

Ada banyak klaim tentang suara mengejutkan ini, baik yang sifatnya seperti "mendehem", atau bahkan bisa juga terdengar layaknya dentuman kecil.

Sama seperti ketukan, suara mengejutkan ini juga bisa terdengar saat ramai, di mana diakui oleh beberapa orang, mampu membuat jantung berdegup karena kaget.

8 dari 8 halaman

7. Bahasa Asing

Banyak kesaksian yang menyebut bahwa makhluk tak kasat mata yang pernah disadarinya, berbicara menggunakan bahasa asing yang tidak dimengerti. Ada pula yang muncul dengan bahasa lokal setempat, namun dengan gumamam yang sulit dipahami.

Entah memang karena berbeda bahasa dengan manusia, atau ada penjelasan lain, pengakuan seperti ini banyak ditemui di berbagai penjuru dunia.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jaga Perasaan Orang Lain... Ini 4 Situasi Tepat untuk Jaga Lisan
Artikel Selanjutnya
Google hingga Starbucks, 5 Nama Merek Dagang dan Kisah Unik di Baliknya