Sukses

17-12-1996: Drama Pelayan Gadungan Sandera 490 Orang di Rumah Dubes Jepang

Hari ini, 22 tahun yang lalu, di Lima, Peru, 14 orang anggota gerakan pemberontak sayap-kiri Tupac Amaru menerobos rumah dubes Jepang.

Liputan6.com, Lima - Hari ini, 22 tahun yang lalu, di Lima, Peru, 14 orang anggota gerakan pemberontak sayap-kiri Tupac Amaru, menyamar sebagai pelayan, menyelinap ke rumah Duta Besar Jepang Morihisa Aoki, di mana resepsi untuk menghormati ulang tahun kaisar Jepang sedang diadakan.

Para pemberontak, pelayan gadungan itu kemudian menyandera 490 orang, termasuk sejumlah di antaranya pejabat penting dan diplomat asing, demikian seperti dikutip dari History.com, Senin (17/12/2018).

Polisi segera mengepung kompleks itu pada hari yang sama, dan para pemberontak setuju untuk membebaskan 170 wanita dan tamu lanjut usia. Tetapi, mereka menyatakan akan membunuh 320 sisanya jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Gerakan Revolusioner Tupac Amaru (MRTA) didirikan pada 1984 sebagai organisasi militan yang didedikasikan untuk revolusi komunis di Peru.

Beberapa hari setelah krisis penyanderaan di rumah duta besar Jepang dimulai, para pemberontak membebaskan semua kecuali 72 sandera dan menuntut pembebasan 400 anggota MRTA yang dipenjara di Peru.

Penyandera juga menuntut pemerintah merevisi Peru reformasi pasar bebas neoliberal, meninjau kembali bantuan luar negeri Jepang di Peru dengan alasan bahwa bantuan ini hanya menguntungkan segmen masyarakat tertentu dan memprotes apa yang mereka klaim sebagai kondisi kejam dan tidak manusiawi di penjara Peru.

Di antara para pejabat penting yang disandera di rumah duta besar Jepang adalah saudara dari Presiden Peru Alberto Fujimori; Menteri Luar Negeri Francisco Tudela; hakim agung; anggota partai yang berkuasa; dan sejumlah duta besar asing, yakni dari Jepang dan negara lain.

Presiden Fujimori, yang dikenal karena mengambil sikap keras terhadap gerilyawan sayap kiri di Peru, tidak menyerah pada poin-poin penting dari tuntutan para pemberontak dan pada 22 April 1997, memerintahkan serangan terhadap kompleks itu oleh 140-orang tim pasukan khusus.

Setelah diam-diam memperingatkan para sandera 10 menit sebelum serangan, tim pasukan khusus meledakkan sebuah terowongan di bawah rumah dubes Jepang, yang mengejutkan para pemberontak.

Pasukan khusus kemudian membunuh delapan dari 14 pemberontak. Sisa dari pasukan elite menyerang dari beberapa arah lain, mengalahkan para teroris yang tersisa.

Ke-14 pemberontak tewas dalam serangan itu, termasuk pemimpinnya, Nestor Cerpa, yang ditembak beberapa kali.

Satu sandera, Hakim Agung Carlos Giusti, tewas dalam serangan itu, dan beberapa tentara yang terluka selama operasi penyelamatan, dua kemudian meninggal karena luka-luka mereka.

Sejarah lain mencatat pada 17 Desember 1973, Asosiasi Psikiater Amerika menghapus homoseksualitas dari daftar penyakit jiwa. Sementara pada 17 Desember 1989, terjadinya demonstrasi besar di jalanan dan kerusuhan di Timisoara mengakibatkan terjadinya Revolusi Rumania.

 

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.