Sukses

4 Kisah Hantu Genderuwo Ala Luar Negeri yang Tak Kalah Menyeramkan

Liputan6.com, Jakarta - Genderuwo merupakan sosok hantu yang digambarkan memiliki wujud badan yang besar, berbulu, dan menyeramkan.

Genderuwo yang memiliki istilah asli dari bahasa Kawi, gandarwa, dipercaya menyukai tempat tinggal berupa batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh, atau sudut-sudut yang lembab, sepi, dan gelap.

Genderuwo dipercaya sebagai arwah gentayangan dari seseorang yang meninggal secara tidak wajar, dan tidak dimakamkan secara layak.

Jika dilihat dari penggambaran genderuwo, hantu ini punya mulut dan taring yang besar selayaknya hewan buas. Ditambah dengan bulu lebat pada tubuhnya.

Rupanya, hantu bertubuh besar serupa dengan genderuwo ini juga terdapat di sejumlah kisah rakyat masyarakat dunia.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 kisah hantu serupa genderuwo di dunia yang tak kalah menyeramkan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Baphomet

Baphomet adalah simbol setan yang paling terkenal pada tahun 1856.

Bentuknya serupa sosok manusia berkepala kambing yang memiliki sayap, dengan simbol pentagram di bagian dahi. Pada Juli 2015, patung Baphomet ini sempat membuat geger masyarakat di Detroit, Amerika Serikat.

Patung setan yang digambarkan bertubuh besar serupa genderuwo ini diluncurkan oleh sekte pemuja setan (satanic) pada 25 Juli 2015.

Peluncuran patung tersebut menyusul kegagalan kelompok pemuja setan untuk menempatkan arca itu di dekat monumen 10 Commandments atau 10 Perintah Tuhan di Oklahoma.

Patung Baphomet dibuat dengan tangan kanannya terangkat dan mengacungkan 2 jari -- serupa dengan desain yang sebelumnya dirilis Satanic Temple. Juga ada patung lain di dekatnya, sosok bocah perempuan dan bocah laki-laki yang menatap sang dewa dengan kagum.

3 dari 5 halaman

2. Tengu

Dalam cerita rakyat Jepang, ada banyak kisah roh, makhluk gaib hingga iblis.

Salah satunya adalah Tengu -- hantu bertubuh besar yang merupakan evolusi dari binatang. Tengu adalah musuh besar dari pemegang kepercayaan Buddha.

Hantu ini akan menggoda manusia untuk melakukan tindak kejahatan, sehingga ia menjadi musuh bagi umat Buddha.

4 dari 5 halaman

3. Odoroshi

Satu lagi hantu di Jepang yang menyerupai genderuwo asal Indonesia adalah Odoroshi.

Odoroshi adalah monster berwajah merah dengan mata besar, gigi hitam, dan rambut panjang. Rupa odoroshi ini sangatlah menyeramkan.

Wujud serta tubuhnya yang ditumbuhi bulu seakan-akan jelmaan dari hewan buas.

 

5 dari 5 halaman

4. Ashiarai Yashiki

Dalam cerita rakyat Jepang, Ashiarai Yashiki hantu yang berkaki besar. Kedatangannya tiba-tiba dan muncul dari luar rumah.

Ia diceritakan muncul dengan cara menginjak langit-langit rumah pada malam hari dan terkadang menginjak seseorang dalam rumah.

Tujuan kedatangannya adalah meminta orang dalam rumah tersebut untuk mencuci kakinya. Jika seseorang dalam rumah tersebut tak mau mencucinya, maka ia akan mengamuk.

Hantu ini tak digambarkan rupanya, sebab hanya selalu bagian kaki yang terlihat.

Artikel Selanjutnya
Disebut Mengerikan dan Angker, 5 Kapal Selam Ini Berhantu?
Artikel Selanjutnya
Demokrat Bela Sandi: Genderuwo Paling Menakutkan Adalah Kejaran Pajak