Sukses

Diam-Diam, Inilah 10 Cara Keluarga Kerajaan Inggris Dapat Uang

Liputan6.com, London - Sebagian besar publik menilai kehidupan keluarga kerajaan Inggris bergelimang harta dan dikelilingi barang yang serba mewah. Apa yang mereka miliki adalah benda-benda dengan kualitas di atas rata-rata dan harganya selangit.

Anda mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa keluarga kerajaan Inggris harus menggelontorkan anggaran sebesar 358 juta dolar AS untuk menjalankan monarki setiap tahunnya. Lalu, bagaimana bisa Ratu Elizabeth II dan keluarganya menghasilkan uang sebanyak itu?

Ternyata, ada banyak sumber pendapatan yang mereka raup untuk mencukupi kebutuhan kerajaan hingga pribadi. Dikutip dari The Richest, Jumat (22/6/2018), inilah 10 cara keluarga kerajaan Inggris mendapatkan penghasilan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 11 halaman

1. Hibah Berdaulat

Hibah datang melalui perbendaharaan yang didanai oleh pembayar pajak. Sebagai imbalan atas hibah ini, Ratu setuju untuk memberikan pemerintah Inggris 15% dari keuntungan Crown Estate setiap tahun.

"Pada tahun 2013, Crown Estate menghasilkan laba sebesar 267,1 juta poundsterling ($ 325,8 juta)."

Itu berarti, pada tahun 2015, Sovereign Grant Ratu adalah 15% dari jumlah tersebut, yakni 40,1 juta pound sterling ($ 48,9 juta).

Hibah ini mencakup biaya untuk pemeliharaan istana, utilitas perjalanan dan gaji karyawan.

3 dari 11 halaman

2. Dana Tunjangan Khusus

Ratu Elizabeth II mendapat penghasilan pribadi dari Privy Purse -- tunjangan dari pendapatan publik untuk biaya pribadi ratu.

Ini adalah portofolio yang berisi 45.600 hektar tanah, termasuk urusan bisnis perumahan, komersial dan pertanian. Portofolio itu sendiri mendatangkan pemasukan bagi Ratu sebesar $ 26 juta pada tahun 2017.

Privy Purse berasal dari Kadipaten Lancaster yang merupakan tanah pribadi. The Guardian melaporkan bahwa aset Ratu sekarang "bernilai lebih dari setengah miliar poundsterling."

4 dari 11 halaman

3. Sudah Kaya Sejak Lahir

Lupakan mengenai hibah Ratu, karena nyatanya dia sudah kaya sejak lahir. Ratu Elizabeth II memiliki taksiran kekayaan pribadi yang ditaksir mencapai $ 414,7 juta.

Tapi yang terpenting baginya adalah dia bisa melayani rakyatnya dan inilah yang dianggap paling penting untuk Ratu.

"Saya menyatakan di depan Anda semua bahwa seluruh hidup saya, entah itu panjang atau pendek, akan dikhususkan untuk melayani Anda dan keluarga kerajaan."

5 dari 11 halaman

4. Semua Anak-Anaknya Adalah Miliarder

Bukan hanya sang Ratu yang bergelimang harta, seluruh anak-anaknya pun merupakan jutawan.

Pangeran Charles misalnya, memiliki harta sebesar $ 100 juta, sedangkan Pangeran Phillip $ 20 juta.

Cucunya, William dan Harry, sama-sama memiliki $ 40 juta. Meghan Markle yang baru saja resmi jadi anggota keluarga kerajaan, punya harta $ 5 juta dari kariernya sebagai artis.

6 dari 11 halaman

5. Mewarisi Sandringham Estate

Ratu adalah pemilik sah Sandringham Estate. Semua yang mencakup di dalamnya merupakan warisan dari sang ayah.

Meski kaya raya, Ratu menyebut bahwa keluarganya sama dengan keluarga lain yang mempunyai anak, konflik, dan tradisi.

7 dari 11 halaman

6. Aset Berupa Emas

Sebagian dari pendapatan mereka berasal dari aset yang mencakup mineral seperti batu kapur, batu bara, batu tulis, batu pasir, gypsum, dan tentu saja emas.

Keluarga kerajaan menggenggam "hampir semua emas dan perak alami di Inggris", termasuk yang ditemukan di properti seseorang.

Pada tahun 2013, sekitar 2.500 orang mengaku menerima pemberitahuan bahwa keluarga kerajaan berhak mencari mineral berharga di properti mereka.

8 dari 11 halaman

7. Gaji Tahunan Pangeran Philip

Pangeran Phillip juga menerima gaji dari tugas resminya. Dilaporkan bahwa Duke of Edinburgh ini menerima $ 488.000 dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Kini ia sudah pensiun setelah 60 tahun melayani rakyat. Meski sudah paripurna, Ratu masih mendapatkan kekuatan dari sang suami.

"Suami saya adalah kekuatan saya dan kami telah bertahan selama bertahun-tahun. Saya berutang budi padanya, lebih besar dari apa yang pernah dia klaim."

9 dari 11 halaman

8. Pekerjaan Pangeran William

Anda mungkin terkejut karena mengetahui bahwa Pangeran William adalah anggota keluarga kerajaan yang terikat kontrak dengan institusi sipil.

Dia bekerja sebagai pilot untuk East Anglian Air Ambulance.

Jika ada warga sipil yang terluka atau sakit di daerah terpencil Inggris, ia akan terbang dan membantu mereka.

Dalam setahun, suami Kate Middleton ini menghasilkan sekitar $ 62.000. Sebagian besar penghasilannya disumbangkan langsung ke badan amal pilihannya.

10 dari 11 halaman

9. Menciptakan Uang Dari Angin?

Keluarga kerajaan menghasilkan uang dari sektor energi terbarukan dan telah melakukannya selama enam tahun terakhir.

BBC melaporkan bahwa pada tahun 2016, mereka memperoleh $ 31 juta dari "bisnis angin". Mereka berencana untuk mengembangkannya pada tahun 2017.

Di lahan tersebut terdapat 175 turbin yang disebut The London Array, yang merupakan ladang angin lepas pantai terbesar di dunia dan juga disewa oleh Keluarga Kerajaan.

11 dari 11 halaman

10. Tanah dari Setengah Garis Pantai

Keluarga kerajaan memiliki banyak tanah, termasuk setengah dari garis pantai. Menurut CNBC, mereka menduduki "perkebunan hingga semua pesisir Inggris yang berjarak 12 mil dari garis pantai."

Mereka juga memiliki sekitar 340.000 hektar hutan dan lahan pertanian pedesaan, termasuk fasilitas akuakultur, perahu rekreasi, dan pelabuhan. Mereka menghasilkan uang melalui berburu bebek, penelitian kelautan, dan budidaya rumput laut.

Keluarga kerajaan menghasilkan $ 66,3 juta pada tahun 2017 dari usaha tersebut.