Sukses

Taliban Serbu Pangkalan Militer Afghanistan, 30 Tentara Tewas

Taliban melakukan penyerangan sebuah pangkalan militer di Provinsi Badghis, Afghanistan barat daya pada Rabu 20 Juni 2018.

Liputan6.com, Kabul - Taliban melakukan penyerangan sebuah pangkalan militer di Provinsi Badghis, Afghanistan barat daya pada Rabu 20 Juni 2018 waktu setempat.

Akibat serangan itu, 30 tentara Afghanistan tewas. Taliban pun berhasil merebut pangkalan tersebut dari militer.

Peristiwa itu merupakan serangan utama sejak Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan gencatan senjata dengan Taliban.

Ghani sempat memperpanjang gencatan senjata yang diberlakukannya secara sepihak selama 10 hari. Dan menurut jadwal, gencatan senjata berakhir Rabu 20 Juni.

Gubernur Provinsi Badghis, Abdul Ghafoor Malikzai, mengatakan Taliban menyerang dua pos keamanan pada jam-jam awal Rabu 20 Juni dini hari demikian seperti dikutip dari Antara (21/6/2018).

Sementara itu, Abdul Aziz Bek, kepala Dewan Provinsi Badghis, mengatakan satu pangkalan militer di Distrik Balamerghab dijadikan sasaran.

"Para petempur Taliban dalam jumlah yang cukup banyak datang dari beberapa arah," kata Bek.

"Setelah pertempuran sengit beberapa jam, 30 personel pasukan keamanan Afghanistan gugur dan Taliban menguasai pangkalan itu."

Taliban juga menderita kerugian usai serangan tersebut. Diperkirakan, 15 militan mereka tewas di beberapa kawasan lain provinsi tersebut, kata Bek.

Menurut dia, Taliban menyiapkan serangan-serangan mereka dan melakukan pengintaian atas kawasan itu selama gencatan senjata.

Naqibullah Amini, juru bicara kepolisian Badghis, membenarkan kematian 30 orang prajurit tersebut dan mengatakan Taliban membunuh empat prajurit dalam serangan-serangan terpisah terhadap beberapa tempat pemeriksaan keamanan di distrik yang sama.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.