Sukses

Kolaborasi NASA dan Lockheed Martin Ciptakan Pesawat Supersonik yang Hening

NASA, bersama dengan Lockheed Martin, dikabarkan siap menghadirkan pesawat supersonik yang hening pada 2025 mendatang.

Liputan6.com, Washington DC - Lembaga antariksa milik Amerika Serikat (AS), NASA, bekerja sama dengan Lockheed Martin, mengembakan teknologi pesawat yang mampu terbang melebih kecepatan suara, namun dengan bunyi yang hening.

Pesawat, yang dikenal dengan nama Low-Boom Flight Demonstrator, kemungkinan bisa memperbaiki reputasi penerbangan supersonik yang telah dilarang oleh Federasi Penerbangan Internasional (FAA), karena disebut menimbulkan polusi suara.

Dilansir dari ABC News pada Kamis (5/4/2018), pesawat supersonik yang terakhir terbang adalah Concorde. Pesawat buatan Perancis itu pensiun sejak 2003 silam, setelah menuai kritik luas tentang pencemaran ekosistem udara.

"Ini adalah hal yang sangat menarik, bisa kembali merancang dan menerbangkan pesawat 'X' -- sebutan untuk teknologi pesawat non-konvensional -- pada era modern sekarang," ujar Jaiwon Shin, pemimpin asosiasi aeronautika di NASA.

Menurutnya, sejarah perkembangan teknologi  supersonik, pertama kali muncul pasca-penelitian yang dilakuakn oleh Bell Aircraft pada pertengahan 1940-an.

"Tradisi panjang kami dalam memecahkan hambatan teknis pada penerbangan supersonik akan diteruskan, dan berusaha sebaik mungkin mampu menguntungkan semua orang," lanjut Shin.

Sebuah bentuk baru, yang merupakan pengembangan dari desain awal di era 1960-an, akan memungkinkan pesawat supersonik yang hening ini mencapai kecepatan suara, dengan suara mesin yang lembut, tidak meledak seperti pendahulunya.

Sebelumnya, pesawat supersonik konvensional menghasilkan gelombang kejut, yang bertabrakan satu sama lain, sehingga menembus batasan suara maksimum yang memicu dentuman sonik.

Dalam kerja sama ini, NASA akan fokus pada pengembangan teknologi daya dorong pada pesawat supersonik, yang terinspirasi dari teknologi pesawat ulang alik.

Adapun Lockheed Martin, akan memberi dukungan teknologi akselerasi suara, yang diklaim, menghasilkan dentuman tidak lebih keras dari suara ketika membanting pintu mobil.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Coba Supersonik Dijadwalkan Selesai pada 2025

Hampir seperempat miliar dollar telah dicantumkan ke dalam anggaran penelitian, yang prototipe awalnya saat ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan 940 mil per jam, atau sekitar 1.512 kilometer per jam.

Nantinya, seluruh prototipe pesawat supersonik generasi baru ini akan diujicobakan secara berkala, di Pusat Riset Penerbangan di Pangkalan Militer Edward di California, hingga 2021 mendatang.

Setelah melalui serangkaian uji terbang tersebut, pesawat supersonik itu akan dibawa ke tahapan tes selanjutnya, yang disebut sebagai 'survei respons masyarakat', di enam kota di AS.

Uji coba publik tersebut dijadwalkan selesai pada 2025 mendatang, meski sejatinya keenam kota yang dimaksud belum dipilih secara pasti oleh NASA.

Peter Iosifidis, manajer program terkait di Balai Penelitian Lockheed Martin, mengatakan dirinya merasa terhormat bisa bekerjasama dengan NASA dalam mengembangkan pesawat supersonik.

"Kami sangat siap, dan juga bangga, menjalin kersama jangka panjang dalam menciptakan teknologi supersonik paling terdepan, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk merevolusi sejarah perjanalan udara," jelas Iosifidis dalam sebuah pertanyaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.