Sukses

Alat Makan Obama di Warung Mi Vietnam Dipajang dalam Kotak Kaca

Liputan6.com, Phnom Penh - Sebuah meja yang pernah digunakan mantan Presiden AS Barack Obama saat makan dengan koki Anthony Bourdain dalam sebuah perjalanan resmi ke Vietnam dua tahun lalu dipamerkan ke publik.

Meja lengkap dengan perlengkapan makan malam dan botol bir kosong itu tersimpan dalam kotak kaca, di dalam warung bakmi Bun Cha Houng Lien.

Pemilik restoran di Hanoi itu mengatakan bahwa gagasan untuk mengabadikan barang-barang yang dipakai kedua sosok itu berasal dari pelanggan mereka. Termasuk bangku plastik tempat Obama dan Bourdain duduk dan menyantap hidangan seharga US$ 6 atau sekitar Rp 82 ribu dengan kurs saat ini.

Sang pemilik restoran menyebutkan bahwa para pelanggannya ingin melihat di mana Obama duduk dan apa yang telah dimakannya.

"Pelanggan menyukainya, banyak yang berfoto di samping meja," ujar salah satu pemilik  restoran Bun Cha Huong Lien, Nguyen Thi Hang Nga kepada BBC seperti dikutip Rabu (14/3/2018).

"Bagi kami, ini adalah kenangan indah yang akan kami kenang selamanya. Ini bukan tipuan, saya rasa kami tidak punya lebih banyak klien."

"Pajangan itu dipasang tepat sebelum Tahun Baru Imlek (pertengahan Februari) dan saya tidak melihat ada perubahan pada arus pengunjung."

"Tentu saja, mangkuk dan piring yang dipajang telah dicuci, begitu juga botol bir kosongnya!"

 

Not sure how I feel about this 📷 via @helencho

A post shared by anthonybourdain (@anthonybourdain) on

Kehormatan tersebut biasanya diperuntukkan bagi pemimpin tertinggi negara tersebut seperti Ho Chi Minh.

Pada kasus Obama, ini merupakan kali pertama seorang petinggi asing dikenang dengan cara tersebut.

Sementara itu, foto asli dari makanan yang Obama dan Bourdain santap pada 2016 yang dibagikan koki itu di Instagram telah disukai lebih dari 120.000 orang dan menuai ribuan komentar.

 

 

Saksikan juga video berikut:

1 dari 2 halaman

Kunjungan Mengejutkan

Kunjungan Barack Obama ke Vietnam tak hanya mengejutkan dunia dengan keputusan Presiden Amerika Serikat itu untuk mengakhiri larangan penjualan perlengkapan militer kepada pihak Hanoi.

Di sela-sela kegiatannya, Obama juga menyempatkan diri, meluangkan waktu bersama Anthony Bourdain -- pembawa acara Parts Unknown di CNN -- untuk jajan pho, bakmi khas Vietnam, di sebuah warung sederhana. 

Pihak restoran memanfaatkan momen itu untuk melakukan promosi. Kini pencinta bun cha di seluruh dunia dapat menikmati menu "Combo Obama". Ini adalah menu yang sama persis dengan yang disantap oleh Presiden Obama dan Anthony Bourdain, pembawa acara kuliner ternama yang menemani Obama malam itu.

Para pengunjung harus merogoh kocek US$ 4 atau setara dengan Rp 53 ribu untuk bisa menikmati semangkuk bun cha, sepiring rebusan seafood, dan sebotol bir lokal. Demikian seperti dilansir Asian Correspondent pada 14 Juni 2016.

Tak lama setelah kehadirannya, menu "Obama Combo" ini pun menyebar dengan cepat di media sosial.

Seorang pengguna Twitter dengan akun @LinhPNguyen mentwit, "What would you like for lunch? An Obama Combo! #buncha #Vietnam," tulisnya.

Makan malam sederhana ala sang presiden itu tayang dalam program Part Unknown yang di bawakan Bourdain dan disiarkan CNN.

Awalnya, kabar Obama menyantap bun cha di sebuah kedai sederhana ini ramai dibicarakan setelah Bourdain mengunggah foto mereka berdua di Instagram. Dalam foto itu, ia memuji keterampilan Obama dalam menggunakan sumpit.

Lalu melalui Twitternya, pembaca acara kuliner itu mengatakan bahwa total biaya makan malam ia dan Presiden AS itu adalah US$ 6.

Artikel Selanjutnya
Beda dengan Donald Trump, 3 Presiden AS Ini Tolak 'Undangan' Korea Utara
Artikel Selanjutnya
Netflix Ajak Barack Obama Kolaborasi, Mau Buat Apa?