Sukses

5 Makanan Super yang Bikin Kulit dan Rambut Glowing

Liputan6.com, Los Angeles - Ungkapan 'kamu adalah apa yang kamu makan' rupanya tidak sekedar isapan jempol. Hal ini dikemukakan oleh penulis sekaligus dokter dan ahli gizi yang mengatakan, makanan super tepat akan membuat Anda menarik.

Dia adalah dr Sarah Brewer. Baru saja menerbitkan sebuah buku berjudul Eat Well, Look Great. Dalam bukunya, dokter Brewer mengungkapkan ada 40 makanan super yang mengandung keuntungan besar bagi kecantikan Anda. Mulai dari rambut yang berkilau, mencerahkan kulit hingga menghapus tanda-tanda penuaan.

Kepada Daily Mail seperti dikutip Liputan6.com pada Minggu (4/3/2018), Brewer membagi rahasia apa saja  makanan super tersebut, termasuk yang lagi hits di kalangan milenial, yakni alpokat.

Berikut lima makanan super yang jelas akan membuat Anda tampil lebih segar, cerah dan lebih muda:

 

 

1 dari 6 halaman

1. Alpukat

Alpukat memasok vitamin antioksidan C, E dan karotenoid, serta melembabkan lemak tak jenuh tunggal yang membuat kulit awet muda.

Minyak alpukat mengandung hormon seperti fitosterol yang memiliki efek regeneratif pada kulit yang menua. Meskipun Anda bisa menggunakannya saat memasak, sebaiknya bakar minyak alpukat dingin di atas salad dan celupan (dips) untuk mempertahankan manfaatnya dan meningkatkan penyerapan bahan lainnya.

Perawatan minyak alpukat makin nge-trend. Menurut beberapa orang lebih buat kulit lebih remaja dibanding minyak kelapa.

Cobalah menggunakannya pada kapas untuk menghilangkan make up. Minyak alpukat juga bisa digunakan sebagai serum malam.

Buahnya juga bisa digunakan sebagai masker.

2 dari 6 halaman

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu andalan di dapur. Selain itu, dia berkhasiat untuk obat.

Konon, selain menurunkan tekanan darah, bawang putih juga bikin rambut, kuku dan kulit kuat.

Beberapa sumber menyarankan parutan bawang putih di kulit kepala Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bawang putih juga bisa membasmi jerawat atau mengobati psoriasis dan ruam kulit lainnya. Namun, tindakan ini bisa menyebabkan iritasi, dan baunya tidak nyaman bagi orang sekitar Anda.

Jadi, Anda disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih segar atau sebagai suplemen untuk memanfaatkan manfaatnya sebaik mungkin.

3 dari 6 halaman

3. Wortel

Wortel mengandung karotenoid, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan merupakan sumber silika yang baik, yang memperkuat kulit, rambut dan kuku.

Ilmuwan dari universitas St Andrews dan Bristol di Inggris telah menemukan bahwa orang yang makan wortel paling banyak, tampil lebih menarik.

Karotenoid menjadi terkonsentrasi di kulit untuk menanamkan cahaya kuning - mirip dengan warna coklat karena berjemur - yang ditafsirkan sebagai menarik dan sehat, dengan hasil yang terlihat setelah konsumsi dua bulan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi wortel dapat memelihara pertumbuhan kulit, rambut dan kuku, karena vitamin A sangat penting untuk mengisi sel dengan perputaran yang cepat.

Ekstrak wortel, kaya betacarotene ramah kulit, ditambahkan ke banyak pembersih, krim pelembab, body butter, shampo dan conditioner.

4 dari 6 halaman

4. Ikan Sarden

Ikan berminyak seperti sarden adalah sumber kaya asam lemak omega-3 rantai panjang (EPA dan DHA), yang kaya antiinflamasi yang kuat untuk membantu meredakan ketombe, jerawat dan rosacea, serta ruam kulit seperti eksim dan psoriasis.

Molekul fleksibel di EPA dan DHA juga dimasukkan ke dalam membran sel kulit untuk meningkatkan kelembutan, kelenturan dan kemampuan menahan kelembaban. Mereka juga memiliki efek pengencer darah untuk meningkatkan sirkulasi ke rambut, kulit dan kuku, membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan yang sehat.

Omega-3 membantu memerangi rambut kering dan rapuh dan kuku, rambut rontok dan kering, kulit kepala terkelupas. Khasiat ikan sarden meningkatkan kekuatan rambut, meningkatkan pertumbuhan sekaligus membantu mengatasi rambut yang menipis.

Omega-3 membantu mengurangi peradangan gusi, meredakan dengan bau mulut, gusi dan mengurangi kerapuhan gigi.

5 dari 6 halaman

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki antioksidan yang sangat kuat dan efek anti penuaan. Teh hijau bisa membuat tubuh untuk membakar kalori.

Kafein yang ditemukan dalam teh hijau melebarkan pembuluh darah untuk memperbaiki aliran darah ke folikel rambut, kulit dan kuku.

Menurut penelitian, teh hijau juga membantu mengatasi keriput.

Mereka yang mengkonsumsi teh hijauh tinggi menunjukkan gejala kulit keriput 54 persen lebih rendah daripada yang tidak.

Antioksidan teh hijau termasuk dalam banyak produk kosmetik yang diproduksi secara komersial karena mereka menawarkan beberapa manfaat berbeda seperti mengurangi sengatan matahari, mengurangi kantung mata, memerangi selulit dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

 

Artikel Selanjutnya
8 Makanan Super yang Bantu Anak Tidur Nyenyak
Artikel Selanjutnya
Laba-Laba Raksasa Ini Mampu Membunuh Manusia Kurang dari 15 Menit