Sukses

18-12-1941: Jepang Invasi Hong Kong Saat Perang Dunia II

Liputan6.com, Hong Kong - Dalam rangkaian Perang Dunia II antara kubu Sekutu dan Poros, beberapa negara yang dominan mencoba merebut wilayah kekuasaan dari negara di kubu lain. Seperti yang dilakukan Jepang, 66 tahun silam, 18 Desember 1942.

Jepang untuk pertama kalinya melakukan invasi ke Hong Kong yang saat itu menjadi wilayah jajahan Inggris. Pada hari itu, negeri sakura tersebut menurunkan ratusan pasukan di Hong Kong, yang selanjutnya melakukan penyerangan.

Sebelumnya, Jepang mengirimkan utusan ke Hong Kong untuk menemui Gubernur Hong Kong asal Inggris, Sir Mark Young, untuk menyampaikan pesan agar Inggris untuk menyerah, langkah Inggris untuk mempertahankan Hong Kong adalah upaya yang sia-sia.

Menanggapi pesan tersebut, Inggris menolak untuk menyerahkan kekuasaan kepada Jepang, bahkan tidak akan mau untuk bernegosiasi dengan negara kubu Poros tersebut. Demikian seperti dikutip dari History.

Sehingga, keesokan harinya, pada 18 Desember 1941, Jepang meluncurkan pasukan dan menyerang Hong Kong dengan senjata artileri. Serdadu Jepang menangkap, mengumpulkan dan mengikat tentara Inggris di satu tempat. Semua tawanan, termasuk petugas medis Royal Medical Corps yang tak melakukan perlawanan saat ditangkap, pun dieksekusi mati. Penduduk China yang juga berada di Hong Kong juga menjadi sandera.

Pasukan Jepang kemudian menguasai lokasi-lokasi utama di Hong Kong, termasuk waduk utama. Selain menganiaya, Jepang juga membuat para tawanan meninggal dengan sadis, seperti sengaja membuat mereka kehausan. Jepang pada akhirnya mengambil alih kekuasaan Inggris secara penuh pada 25 Desember 1941.

Peristiwa penyerangan Jepang pada 8-25 Desember 1941 di Hong Kong ini disebut the Defence of Hong Kong atau the Fall Hong Kong. Dan pertempuran ini merupakan yang pertempuran pasifik pertama dalam Perang Dunia II. Serangan ini dinilai sebagai pelanggaran hukum internasioanl, karena Jepang sebelumnya tak mendeklarasikan perang ke Inggris, tapi langsung menyerang Hong Kong.

Pendudukan Jepang di Hong Kong ini berjalan hingga 3 tahun 8 bulan, yakni hingga Kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh Sekutu. Jepang menyerah kepada Sekutu pada awal Agustus 1945, yang menjadi awal jatuhnya Kubu Poros, dan pada akhirnya Sekutu yang menang di Perang Dunia II.

Sejarah lain mencatat pada 18 Desember 1771, terjadi Pertempuran Puputan Bayu meletus di Banyuwangi sebagai usaha terakhir Kerajaan Blambangan melawan invasi VOC. Peristiwa ini akhirnya diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Banyuwangi. 18 Desember 1865, perbudakan dihapuskan di Amerika Serikat, melalui keputusan Perubahan Konstitusi 13 AS.