Sukses

Rekaman Mengerikan Sinkhole 'Menelan' 2 Rumah dalam 1 Jam

Sinkhole selebar 250 kaki atau sekitar 76 meter dilaporkan menyedot 2 rumah di Florida.

Liputan6.com, Florida - Dua rumah hancur tersedot sinkhole di Land O'Lakes, Florida, Amerika Serikat pada Jumat 14 Juli 2017 pagi waktu setempat.

Seperti dikutip dari Miami Herald, Sabtu (15/7/2017), sinkhole Florida itu memiliki lebar 250 kaki atau sekitar 76 meter. Menurut CNN, kedalamannya mencapai 50 kaki berkisar 15 meter.

"Lapisan aspal yang berada di atasnya jatuh ke lubang itu," kata pihak berwenang setempat.

Rumah yang terkena dampak terletak di 21825 dan 21835 di Oceans Pines Drive.

Sedikitnya delapan rumah di Land O'Lakes, sekitar 30 mil sebelah utara Bradenton, sedang dievakuasi karena kemunculan sinkhole tersebut.

Sebelumnya, pihak berwenang juga menyebut bahwa sebuah kapal yang berada di area rumah telah tersedot ke dalam sinkhole tersebut.

Sejauh ini tim dari Pasco Fire Rescue, Manajemen Darurat, Duke Energy dan inspeksi bangunan Pasco tengah menyelidiki sinkhole.

Pihak berwenang mengatakan sinkhole itu awalnya terbentuk di bawah kapal di area rumah tersebut. Dalam waktu sekitar satu jam, lubang itu menyedot satu rumah dan sebagian rumah lainnya.

Kedua keluarga penghuni kediaman itu tak berada di rumah saat depresi tanah mulai terbentuk, namun mereka pulang tepat waktu untuk mengambil beberapa barang pribadi dan menyelamatkan hewan peliharaan mereka.

Petugas pemadam kebakaran kemudian memasuki satu rumah lainnya, untuk menyelamatkan dua ekor anjing sebelum bangunan ambruk.

"Belum pernah melihat ini sebelumnya. Lubang itu tumbuh dengan cepat dan menelan rumah cukup cepat," jelas pihak berwenang Pasco County.

Kronologi Terbentuknya Sinkhole

Pihak berwenang melaporkan mereka menerima panggilan pada Jumat pagi, tentang depresi tanah seukuran kolam kecil yang membuat kapal di area kediaman itu tersedot.

"Aku tiba pukul 07.48 pagi waktu setempat dan melihat sinkhole telah terbentuk dan mencapai sudut satu rumah. Tidak ada orang di sana, tapi petugas pemadam kebakaran dan tim penyelamat membawa dua anjing keluar sebelum salah satu sudut rumah jatuh ke dalam lubang," tutur Wakil Sheriff Pasco County Jay Murphy.

Murphy memaparkan, ukuran sinkhole terus bertambah dengan cepat. "Potongan besar tanah benar-benar tersedot ke dalamnya," katanya.

Murphy mengatakan bahwa dia kemudian pergi ke rumah kedua dan mengevakuasi seorang wanita tua dan dua perempuan lain dari dalamnya. Sementara pihak berwenang lainnya mulai berteriak agar mereka bergerak cepat karena tanah di bagian rumah itu perlahan ambruk ke bawah sudut rumah.

Berikut ini rekaman detik-detik sinkhole menelan 2 rumah di Florida itu:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.