Sukses

Ternyata, Ini yang Dilakukan Obama Sebelum Bertolak ke Jakarta

Aksi Obama berolahraga disaksikan salah seorang warga Indonesia yang menginap di Hotel Tentrem, Nancy Astuti Susatyo Soqui.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden AS ke-44 Barack Obama adalah penyuka olahraga. Di sela-sela liburannya di Yogyakarta, di tempatnya menginap di Hotel Tentrem, suami Michelle Obama tersebut menyempatkan diri untuk fitness. 

Aksi Obama berolahraga di pusat kebugaran disaksikan salah seorang warga Indonesia, Nancy Astuti Susatyo Soqui.

Nancy, warga Indonesia yang tinggal selama 18 tahun di Los Angeles itu tengah berlibur ke Tanah Air. Kebetulan, ia bersama sang suami menginap di hotel yang sama dengan Obama.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Nancy pun memotret Obama yang tengah olahraga itu.

"Ini tidak nyangka ya, kami tahu Obama menginap di Hotel Tentrem, tapi enggak sangka bisa melihat dia olahraga. Saya tahu benar kalau Obama dan juga istrinya Michelle ini memang getol olahraga," kata Nancy kepada Liputan6.com via sambungan telepon pada Jumat (30/6/2017).

 

Pengalaman Seru Melihat Obama Fitnes di Hotel Yogjakarta (Nancy Astuti Susatyo Soqui/Facebook)

"Saya fotonya tadi pagi sekitar pukul 10.15. Setelah breakfast, saya diajak suami fitness, dan ternyata Obama di situ," lanjutnya.

Nancy awalnya tidak menyadari keberadaan Obama karena Secret Service yang mengawal mantan orang nomor satu AS itu tak terlalu banyak.

"Kami tahu, ada Obama di hotel itu, lift di hotel ini cuma ada tiga, yang beroperasi hanya dua untuk tamu umum, karena yang satu khusus Obama dan rombongan," ujar Nancy yang lulusan Universitas Indonesia itu.

Dan saat di fitness center itu pun, Nancy hanya melihat segelintir pasukan khusus pengawal presiden AS.

"Mungkin sekitar 10 orang, bersama polisi Indonesia. Itu pun mereka berjaga di luar, tak ada yang berjaga dekat Obama kecuali petugas dari Hotel Tentrem," kata perempuan 48 tahun yang juga penari tradisional di AS.

"Pengunjung tamu yang menginap di sini juga boleh fitness di sini. Enggak ada tuh namanya tutup-tutup fitness center gara-gara dia mau olahraga," tambahnya. 

Nancy yang telah 18 tahun tinggal di Los Angeles, AS, itu merasakan aura "humble" mantan presiden asal Partai Demokrat itu.

"Bedalah, suasananya. Gym tidak ditutup, Secret Service juga jauh jaraknya," tutur Nancy.

"Tadinya saya mau nekat minta selfie, tapi dilarang sama suami saya," katanya sambil tergelak.

Pengalaman seru melihat Obama dari jarak dekat itu Nancy share dalam Facebooknya. Perempuan yang bekerja di perusahaan distributor mainan di AS itu juga memberitahukan kawan-kawan di Los Angeles yang rata-rata mendukung Partai Demokrat.

Dari Yogyakarta, Obama bertolak ke Bogor dan Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Rangkaian mudik politisi Partai Demokrat itu ke Indonesia akan ditutup dengan menjadi pembicara dalam kongres diaspora di Jakarta, 1 Juli mendatang.

 

 

Saksikan video 'Napak Tilas Obama di Indonesia': 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.