Sukses

WiFi hingga Peta, 11 Penemuan Asal Australia yang Mengubah Dunia

Ternyata Negeri Kanguru banyak memberi sumbangsih bagi teknologi dunia. Berikut adalah 11 penemuan dari Australia yang mengubah dunia.

Liputan6.com, Canberra - Banyak yang tak menyangka Australia begitu banyak menghasilkan inovasi. Temuan mereka tak hanya bermaanfaat bagi Negeri Kanguru itu sendiri tapi juga bagi seluruh dunia.

Hal itu terjadi karena Australia terkenal dengan semangat inovasi dan para penemu asal negara ini telah memberi dampak besar terhadap kehidupan dunia hingga sekarang.

Penemuan itu antara lain lemari es hingga mobil truk ute atau bak. Termasuk 'black box' dalam penerbangan.

Berikut adalah 11 temuan dan sosok di balik inovasi asal Australia yang telah berjasa pada dunia. Liputan6.com mengutip dari The Australian Plus pada Senin (5/6/2017).

1. Lemari Es

Bisakah Anda bayangkan sebuah rumah tanpa lemari pendingin atau kulkas? Bagaimana Anda dapat menyimpan makanan, susu dan daging segar?

James Harrison memproduksi mesin pembuat es praktis pertama di dunia dan lemari pendingin dengan sistem – kompresi udara/gas pada tahun 1856.

Ketika dia pertama kali menciptakan, lemari pendingin itu tidak terlihat seperti lemari pendingin yang ada sekarang ini – ketika itu ukurannya jauh lebih besar.

2.  Penisilin

Pada tahun 1939 Howard Florey, seorang ilmuwn dari Adelaide mengembangkan penicillin — antibiotik pertama di dunia. Penicilin kemudian diproduksi secara masal dan digunakan untuk membantu untuk membantu mereka yang sakit selama Perang Dunia II.

Sekarang ini, penisilin telah berhasil menyelamatkan jutaan orang, terutama dengan mencegah infeksi.

3. Kotak Hitam Penerbangan

Penemuan lain yang diciptakan oleh warga Australia yang mungkin Anda tidak pernah lihat tapi berhasil menyelamatkan banyak nyawa adalah Black Box atau kotak hitam penerbangan yang diciptakan oleh Dr David Warren pada tahun 1958. Kotak hitam penerbangan ini merekam semua rincian instrument penerbangan dan percakapan para pilot.

Ketika hal buruk terjadi di angkasa, para penyidik mampu menemukan apa yang terjadi dan bagaimana mencegah kecelakaan di masa depan, semua berkat penemuan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WiFi hingga Google Maps

 

4. Telinga Bionik

Peristiwa yang paling membahagiakan bagi Rod Saunders mungkin terjadi pada tahun 1979. Dia adalah penderita tunarunggu alias tuli, tapi kemudian dia mendengar suara untuk pertama kalinya berkat koklea implant di telinga yang diciptakan oleh Professor Graeme Clark di Rumah Sakit Royal Victorian Eye and Ear di Melbourne.

Telinga buatan ini bisa jadi merupakah salah satu penemuan terbesar di Australia, mengingat penemuan ini telah mengubah kehidupan orang yang memiliki masalah-masalah dengan pendengaran mereka.

5. Teknologi WiFi

Sekarang ini akan sulit rasanya hidup tanpa koneksi WiFi. Kemanapun kita pergi, kita pasti akan bertanya ‘apakah ada sambungan WiFi gratis?”

Pada awal tahun 1990-an, seorang astronom radio Australia, John O'Sullivan secara tidak sengaja menemukan potensi dari WiFi saat sedang melakukan riset mengenai fenomena 'lubang hitam' atau 'black holes'.

6. Google Maps

Berkat Google Maps, kini sudah tidak ada lagi cerita seseorang tersesat. Pada tahun 2003, dua bersaudara keturunan Denmark- Australia, Lars dan Jens Rasmussen menciptakan sebuah program pemetaan di sebuah perusahaan teknologi milik mereka yang berlokasi di Sydney.

Google Maps merupakan salah satu fitur yang dioptimalkan pada bulan Ramadan kali ini. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Setahun kemudian, Google Inc. mengakuisisi perusahaan itu dan mentranspormasikan program pemetaan itu menjadi sebuah aplikasi web yang digunakan setiap hari oleh jutaan orang.

3 dari 3 halaman

Bor hingga Mesin Pemotong Rumput

7. Mesin Bor Listrik

Bahkan jika Anda bukan seorang yang menyukai perkakas, bor listrik ini tidak bisa dipungkiri lagi adalah sebuah penemuan yang cerdas.

Alat ini dipatenkan pada 1889 oleh Arthur James Arnot, yang merupakan seorang teknisi listrik ini berasal dari Melbourne. Mulainya bor listrik dirancang untuk menggali minyak dan batubara, tapi bor listrik kini ditemukan di kantung pinggang perkakas dan bengkel-bengkel di seluruh dunia.

8. Buku Catatan
Sulit membayangkan waktu sebelum diciptakannya notes, dan butuh imajinasi seorang pemilik toko alat-alat tulis di Tasmania, JA Birchall untuk mewujudkan dan menghadirkan notes ke dunia.

Dia mengambil lembaran kertas yang dapat dilepaskan atau loose leaf, memotongnya menjadi dua dan menambahkan karton tebal keras di belakangnya dan mengelem bagian atasnya.

Tidak hanya penciptaan notepad telah berhasil merevolusi penulisan, tapi tekniknya juga telah memunculkan penerbitan buku-buku yang bisa ditulis bolak balik dengan harga terjangkau dan juga buku-buku novel.

9. Film Feature

Jika kali berikutnya Anda mengudap popcorn dan menonton film feature, berterimakasihlah kepada Charles Tait, yang pada tahun 1906 menciptakan Kisah Geng Penjahat Ned Kelly. Ini merupakan film feature panjang pertama.

Film tersebut masih dalam bentuk film bisu dan berdurasi selama lebih dari 60 menit, tapi ketika itu film tersebut menghadirkan perbedaan yang sangat besar dari tipikal film-film berdurasi pendek yang tidak banyak menggunakan narasi.

Bisa juga dikatakan bahwa film ini adalah film laga blockbuster pertama: kisah seorang bushranger dan gengnya. Pembuatan film ini menghabiskan biaya 1.000 dolar Australia untuk memproduksinya dan menghasilkan keuntungan sebesar 25.000 dolar Australia.

10. Truk ute

Truk Ute besutan Australia (Perpustakaan Negara Bagian Victoria/ Percy Sims)

Entah benar atau tidak, disebutkan bahwa perancang muda, Lewis Brandt adalah orang yang melihat kelebihan dari gagasan mobil yang bisa pergi ke gereja dan membawa babi ke pasar, dan mulai mendalami gagasannya itu.

Pada tahun 1934 kendaraan jenis 'utilitas coupe' mulai diproduksi oleh pabrik Ford di Geelong.

Kendaraan ini menuai sukses dan bahkan berhasil dipasarkan sampai ke Amerika Serikat, di mana Henry Ford sempat dijuluki 'Kangaroo Chaser'. Desain truk ute ini sendiri telah mengalami sedikit perubahan selama bertahun-tahun, tapi masyarakat Australia tetap menyukai kendaraan yang satu ini.

11. Mesin pemotong rumput

Mesin pemotong rumput memang bukan alat yang menyenangkan ketika suaranya membangunkan anda pada Hari Minggu pagi, tapi alat ini tidak diragukan lagi sangat berguna.

Di dunia memang sudah pernah ada yang menciptakan mesin pemotong rumput, tapi bukan mesin pemotong rotary yang diciptakan oleh Mervyn Victor Richardson dari Sydney.

Sebelum ia menciptakan mesin pemotong rumput ini, tugas memotong rumput adalah adalah pekerjaan yang harus dilakukan oleh dua orang.

Purwa rupa dari model mesin pemotong rumput 'Victa' menampilkan wadah kosong dari timah berwarna orange sebagai tangki bahan bakar. Syukurlah alat ini sudah mengalami evolusi sedikit sejak pertama kali diciptakan. Dan perusahaan ini telah menjual lebih dari 8 juta mesin pemotong rumput di seluruh dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini