Sukses

Punuk Unta hingga Koin, 5 Mitos Masa Lalu yang Abadi hingga Kini

Sejumlah mitos di masa lalu yang hingga kini masih dipercaya. Apa saja?

Liputan6.com, New York - Sejak awal sejarah manusia, kita telah belajar tentang lingkungan sekitar dan cara terbaik untuk tinggal di dalamnya, sampai-sampai manusia belajar tentang pembuatan alam semesta itu sendiri.

Melalui penemuan dan kebutuhan, manusia belajar hal-hal baru. Manusia telah membuat kemajuan luar biasa di bidang kedokteran, transportasi, dan sains.

Meski telah sedemikan majunya kehidupan zaman sekarang, tapi manusia kerap tak bisa lepas dari mitos. Hal itu disebabkan akibat kepercayaan yang turun temurun. Juga disebabkan, manusia adalah makhluk puas diri yang enggan menerima penemuan atau masukan baru.

Mitos dapat didefinisikan sebagai keyakinan atau gagasan yang diterima secara luas namun salah, dan dunia dipenuhi dengan satu ton mitos yang berbeda.

Beberapa di antaranya justru menyebabkan orang mengubah cara hidup mereka. Umumnya, seseorang dianggap bodoh atau sangat mudah tertipu jika mereka percaya pada mitos yang telah terbukti salah.

Tapi itu agak tidak adil, karena kebanyakan orang hanya kekurangan informasi dalam hal-hal tertentu.

Terlepas dari alasannya, hanya ada beberapa mitos yang orang akan terus percayainya sampai mereka memberikan bukti sebaliknya.

Berikut adalah 5 mitos yang telah ada di masa lalu dan dipercayai hingga kini. Liputan6.com kutip dari The Richest, pada Minggu (4/6/2017):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kipas Angin Menyala Saat Tidur Bisa Membunuh

Tidak peduli siapa Anda atau bagian dari dunia mana Anda berasal, ada beberapa hal yang dapat kita setujui, dan salah satu dari hal-hal itu adalah kenyataan bahwa kita semua merasa nyaman saat berada di rumah kita.

Selama bulan-bulan musim dingin, kita membuat diri kita lebih nyaman di dalam rumah dengan mengenakan pakaian yang tebal dan menyalakan panas melalui perapian atau termostat. Dan saat musim panas tiba, kita berusaha membuat rumah kami lebih dingin dengan menggunakan AC atau kipas angin.

Kipas angin biasanya tidak sekuat AC, tapi bisa memberi banyak kelegaan saat panas yang membara, terutama saat tiba waktunya untuk tidur.

Tapi di beberapa negara Asia, orang memilih untuk tidak menggunakan kipas angin pada malam hari karena mereka percaya tidur dengan kipas angin bisa membunuh Anda.

Keyakinannya adalah bahwa kipas angin benar-benar akan meniup oksigen keluar ruangan, menyebabkan orang tersebut tercekik dalam tidurnya.

3 dari 6 halaman

2. Anjing Buta Warna

Selama berabad-abad, manusia telah berhasil menjinakkan banyak hewan, bahkan di antaranya dibuat makanan oleh manusia.

Tak hanya dimakan, manusia menjinakkan hewan agar bisa memilikinya untuk dipelihara di rumah. Salah satunya anjing.

Hewan itu telah menjadi peliharaan bahkan sahabat manusia semenjak berabad-abad lalu.

Meski sudah lama berada di sekitar anjing, banyak orang masih meyakini mitos bahwa anjing hanya bisa melihat dengan warna hitam dan putih. Sebenarnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa anjing memang melihat warna seperti manusia, kecuali dalam kasus mereka, warnanya tidak seterang seperti pada manusia.

4 dari 6 halaman

3. Petir Tak Menyambar Dua Kali

Lain kali, ketika melihat ada sambaran petir dan kita malah berpikir untuk lari menuju titik sambarannya, ingatlah satu hal ini, yaitu bahwa petir bisa menyambar di tempat yang sama untuk ke dua kali. Bahkan, hal itu cukup sering terjadi.

Petir tentunya memang menuju titik tertentu, misalnya pepohonan dan bangunan-bangunan tinggi. Di suatu lapangan luas, benda paling tinggi akan disambar berkali-kali hingga awan halilintar itu menjauh secukupnya hingga menemukan benda sambaran baru. Gedung Empire State Building di New York disambar petir sekitar 25 kali tiap tahun.

5 dari 6 halaman

4. Uang Logam Jatuh Bisa Mematikan

Mitos ini juga cukup merebak sehingga hampir terdengar seperti cerita lama dalam sebuah film.

Pemikirannya adalah jika orang menjatuhkan sebuah uang recehan logam dari suatu gedung tinggi (misalnya Empire State Building), maka uang logam itu akan mencapai suatu kecepatan yang cukup untuk membunuh orang di bawahnya.

Kenyataannya, aerodinamika bentuk suatu uang logam tidak cukup untuk membuatnya sedemikian berbahaya.

Memang benar, seseorang yang kejatuhan bisa merasa nyeri, tapi tak sampai meninggal dunia.

6 dari 6 halaman

5. Punuk Onta Tempat Menyimpan Air

Dunia kita penuh dengan beberapa binatang aneh dan menarik, banyak yang masih belum pernah kita lihat sebelumnya. Namun, masih ada beberapa hewan aneh yang biasanya bisa kita lihat saat kita masih kecil, termasuk unta.

Saat ini ada 3 spesies unta yang berbeda di dunia yang terletak di beberapa bagian Afrika, Asia, dan Timur Tengah, dan semuanya dikenal memiliki bulu tebal, kaki dan leher yang relatif panjang, dan memiliki satu atau dua gundukan di punggung mereka, yang biasa disebut punuk.

Mengingat bahwa hewan-hewan ini tinggal di daerah dengan air yang cukup sedikit, di mana panas yang ekstrem sangat sering terjadi, banyak dari kita telah percaya bahwa punuk di punggung mereka digunakan untuk menyimpan air untuk penggunaan masa depan, tapi bukan itu ternyata fungsinya.

Unta benar-benar bisa berhatan hidup beberapa bulan tanpa minum air, hal itu karena diyakini hewan itu menyimpan air di salah satu perut mereka.

Lantas apa kegunaan punuk? Rupanya, punuk adalah tempat menyimpan cadangan lemak yang sewaktu-waktu bisa dikonsumsi saat kekurangan makanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • Unik

Video Terkini