Sukses

Hitler Bajakan di Austria Ditangkap Polisi

Gambar pria mirip Adolf Hitler itu pertama kali diterbitkan oleh situs berita Austria Heute.at pada Senin 13 Februari 2017.

Liputan6.com, Wina - Pria mirip Adolf Hitler yang terlihat di kota pemimpin Nazi lahir, Braunau am Inn di Austria berhasil ditemukan. Pihak berwenang sudah menangkap lelaki yang menyebut dirinya sebagai Harald Hitler.

"Ia dituduh memuliakan era Nazi," demikian diungkapkan pejabat setempat seperti dikutip dari BBC, Selasa (14/2/2017).

"Pria 25 tahun mirip Hitler itu baru saja pindah ke kota di perbatasan Jerman," ujar juru bicara kepolisian setempat, David Furtner kepada BBC.

Furtner mengatakan keberadaan Hitler bajakan itu bukanlah lelucon atau sepotong pertunjukan seni. "Pemuda itu tahu persis apa yang dia lakukan," kata juru bicara polisi itu.

Furtner menuturkan, Hitler palsu itu juga terlihat di Wina dan Graz sebelum dilaporkan penampakannya di Braunau am Inn. Gambar Hitler bajakan itu pertama kali diterbitkan oleh situs berita Austria Heute.at pada Senin 13 Februari 2017.

Memuliakan era kengerian Nazi dianggap sebagai kejahatan di Austria.

Konon, Adolf Hitler lahir di sebuah kamar sewaan di lantai atas bangunan itu pada 20 April 1889. Selama kekuasaan Nazi, rumah itu berubah menjadi tempat suci untuk Hitler yang menarik gelombang wisatawan.

Namun, seiring dengan hilangnya kekuasaan Nazi pada tahun 1944, lokasi itu ditutup. 

Desa Braunau am Inn, saat Hitler lahir merupakan bagian dari Kerajaan Austro-Hungaria. Semenjak Perang Dunia II berakhir, desa itu mencoba menghapus kenangan atas diktator Nazi. Warga di sana berharap tak dijadikan tempat lahir Neo-Nazi.

Parlemen Austria setuju untuk membeli rumah tingkat tiga tempat Hilter lahir yang sekarang disewa oleh pemerintah semenjak 1972.

Pemerintah Austria ingin menghancurkan gedung itu namun ditentang oleh pemilik rumah itu lewat pengadilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini