Sukses

Unik, Restoran di China Gunakan Kertas sebagai Pengganti Panci

Sebuah restoran di China menggunakan hampir seluruh peralatan yang terbuat dari kertas, termasuk panci hot pot.

Liputan6.com, Shanghai - Sebuah restoran di China menawarkan sebuah konsep makan menarik, di mana hampir seluruh peralatan terbuat dari paper box atau kertas karton yang dibentuk kotak. Tak hanya kursi, meja, dan lampu saja yang terbuat dari bahan tersebut, bahkan panci panas--atau dikenal sebagai hot pot--juga terbuat dari bahan serupa.

Meski panci tersebut terbuat dari kertas, ia tahan terhadap panas tinggi dan tidak rembes meski dituang air di dalamnya.

Menurut laporan, kertas khusus sebagai bahan dasar untuk membuat mangkuk itu tahan hingga suhu mencapai 250 derajat Celsius. Alat makan tersebut juga dapat digunakan hingga tiga kali pemakaian dan tak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Meski detail kertas yang digunakan sebagai hot pot belum terungkap, menurut sejumlah laporan, bahan tersebut dibuat khusus, sehingga dapat menahan tekanan besar, tahan air, dan sangat tahan lama.

Restoran Carton King di Shanghai, China (people.cn)

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (23/11/2016), restoran bernama Carton King itu buka pada April 2016 di Shanghai. Keberadaannya sempat menyita perhatian media karena keunikan yang ditawarkannya.

Carton King berasal dari Taiwan, di mana di negara asalnya terdapat juga toko, restoran, dan taman bermain yang terbuat dari kertas karton. Dalam beberapa tahun terakhir, restoran bertema serupa telah menjamah Tiongkok dan lagi-lagi menyedot perhatian pengunjung.

Carton King merupakan perusahaan di dunia yang sukses menggunakan produk dari kertas sebagai bentuk pelayanannya, meski bukan satu-satunya. Sedotan yang terbuat dari kertas juga populer di sejumlah bar dan restoran di Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Tertarik mencoba?

Saksikan juga video Grand Final Ikutan Asiknya Jadi Bintang:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.