Sukses

Ini 6 Tempat 'Menjijikan' di Pesawat yang Sering Disentuh

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang sering merasa bahwa mereka 'kebal' terhadap serangan bakteri. Seperti mengatakan apapun jenis makanan yang mereka konsumsi atau apapun yang mereka pegang, tidak pernah membuat mereka sakit atau terserang virus.

Berbeda dengan beberapa persen manusia di dunia yang rentan terhadap penyakit dan gampang diserang virus dan bakteri.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya bandara dan pesawat adalah tempat favorit bakteri untuk berkembang biak.

Hampir setiap jam orang-orang bergantian memasuki kabin burung besi tersebut. Berbagai macam ras, kebiasaan, dan gaya hidup.

Tidak ada yang tahu bakteri apa yang menempel pada tubuh mereka dan apa saja yang telah mereka sentuh sebelum atau pun selama di dalam pesawat.

Agar terhindar dari bakteri dan kuman selama penerbangan, beberapa orang memilih untuk menggunakan cairan atau semprotan pembersih kuman pada tangan mereka.

Namun, bagaimana jika bakteri tersebut malah menempel di beberapa bagian pesawat?

Situs Travelmath.com mengirimkan ahli mikroba untuk melakukan penelitian dari 26 sampel dari 5 bandara AS dan 4 penerbangan .

Menurut hasil laboratorium, seperti dikutip dari CNN, Kamis (17/11/2016), meja nampan pesawat adalah tempat yang paling 'menjijikkan' dan berbakteri.

Berikut selengkapnya 6 tempat 'menjijikkan' dalam pesawat:

1. Pegangan Pintu Toliet

Kunci kamar Kecil

Jika Anda berpikir bahwa toilet adalah tempat yang paling 'kotor' dan mengandung banyak bakteri, maka Anda salah. Ada lebih banyak tempat di bandara yang jauh lebih kotor dibandingkan kamar kecil. 

Itu diduga terjadi karena toilet di bandara atau pun dalam pesawat selalu dibersihkan secara teratur. 

Sabuk Pengaman dan Toilet

2. Sabuk Pengaman

Sabuk Pengaman (Ilustrasi CNN)

Sabuk pengaman juga masuk dalam deret lokasi favorit berkembang biak bakteri. Jadi setelah menggunakan sabuk pengaman, Anda sebaiknya membersihkan tangan.

3. Tombol Air Toilet

Tombol Air Toilet (Ilustrasi CNN)

Tombol air toilet ditemukan memiliki 265 CFU (satuan yang digunakan untuk menghitung jumlah mikroba atau bakteri) persegi per inci, yang mana bakterinya jauh lebih sedikit dibandingkan meja pesawat.

AC dan Tempat Minum

4. Pendingin Kabin

Pendingin Udara (Ilustrasi CNN)

Alat pendingin ruangan di dalam kabin yang terdapat tepat di atas kepala Anda saat di dalam pesawat termasuk ke dalam deret tempat 'menjijikkan'.

Udara yang dikeluarkan oleh pendingin ruangan itu juga tidak terlalu bersih dan 'segar'. Hasil penelitian menunjukkan tempat itu mengandung 285 persegi CFU per inci.

5. Tempat Minum Umum

Pancuran air minum (Ilustrasi CNN)

Haus saat berada di bandara? Sebaiknya hindari untuk minum dari pancuran air minum umum.

Penelitian membuktikan bahwa pancuran minum memiliki 1.240 CFU persegi per inci.

Meja

6. Meja Nampan

Meja nampan (Ilustrasi CNN)

Meja nampan pesawat merupakan tempat paling banyak mengandung bakteri di dalam pesawat. Hal ini diduga diakibatkan oleh kurangnya intensitas pembersihan di tempat itu.

Saat mendarat, meja nampan telah berada dalam posisi terlipat kembali. Jadi hal ini sering membuat pihak kebersihan pesawat lupa membersihkannya.