Sukses

Penumpang Nekat Melompat Garbarata dan Lari Mengejar Pesawat

Seorang pria nekat melompat dari garbarata demi mengejar pesawat yang sedang menuju landasan.

Liputan6.com, Madrid - Ada-ada saja yang dilakukan orang ketika ketinggalan penerbangan. Kali ini, seorang pria nekat melompat ke landasan dan mengejar pesawat terbang yang sedang menuju landasan pacu.

Dikutip dari News.com.au pada Rabu (10/9/2016), pria penumpang penerbangan Ryanair itu terlihat berlari sambil membawa dua koper di Bandara Madrid, Spanyol.

Ketika berhasil menyeberangi tarmak, terlihat sebuah pesawat terbang dari perusahaan penerbangan yang sama sedang bersiap lepas landas dalam jarak beberapa meter saja.

Dipelajari dari rekaman video kejadian, pada awalnya terlihat pria itu melompat dari garbarata yang telah ditinggalkan oleh pesawat terbang.

Setelah mendarat di landasan, ia menuju sebuah kendaraan operasional dan tampak berbincang sejenak. Sepertinya, pria itu gagal mendapat tumpangan menuju pesawat terbang sehingga ia pun kemudian memutuskan untuk berlari mengejar burung besi itu.

Seorang juru bicara Pertahanan Sipil di sebuah pulau milik Spanyol yang menjadi tujuan penerbangan mengatakan bahwa pria yang bepergian sendirian itu akhirnya dihadang ketika telah tiba di tujuan, pulau Gran Canario.

Seorang pria nekat melompat dari garbarata ke tarmak bandara demi mengejar pesawat yang sedang menuju landasan pacu. (Sumber laman Facebook milik CC.OO. Ryanair & Lesma Handling)

Kata juru bicara itu, "Ia melanggar sejumlah aturan keamanan ketika ketinggalan penerbangannya. Walaupun petugas di darat mencoba menghentikannya, ia berhasil lari melintasi tarmak ketika pesawat sedang membelok menuju landasan pacu."

Sebuah sumber lain mengatakan, "Pria itu tidak ditangkap, tapi dicirikan sehingga namanya dapat dikirimkan ke para petugas Pertahanan Sipil di Madrid untuk keperluan tindakan lanjutan."

"Mereka awalnya tidak bisa mendapatkan identitasnya di Madrid. Pilot pesawat diduga setuju untuk membiarkannya masuk karena ia memiliki boarding pass."

"Ia cukup mujur tidak dihentikan di Madrid karena sekarang ini kami sedang menjalankan amaran teror tingkat empat, ia bisa saja disangka seorang teroris dengan segala akibatnya."

Seorang pria nekat melompat dari garbarata ke tarmak bandara demi mengejar pesawat yang sedang menuju landasan pacu. (Sumber laman Facebook milik CC.OO. Ryanair & Lesma Handling)

Juru bicara Otoritas Bandara Spanyol mengatakan bahwa pria yang tidak disebut namanya itu merusak alarm kebakaran sebagai upaya mengalihkan perhatian, katanya, “Ini kejadian yang pertama kalinya bagi bandara ini."

Ratusan orang memberi komentar setelah melihat tayangan, seperti diungkapkan seorang netizen, "Dia kira apa yang akan terjadi? Apa mereka menurunkan tangga dan mempersilahkannya masuk?"

Seorang lagi melontarkan guyonan, "Seperti orang sedang ketinggalan bus."

Sementara itu, juru bicara Ryanair mengtakan bahwa pelanggaran keamanan ini sekarang ditangani oleh Polisi Bandara Madrid. Pria berkebangsaan Bolivia ini dilaporkan telah dikenakan denda berjumlah besar.

Saksikan kenekatan pria itu dalam tayangan singkat ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.