Sukses

Ritual 'Tak Lazim' Presiden Baru Peru Sebelum Rapat Kabinet

Pedro Pablo Kuczynski terpilih pada akhir Juli lalu. Sebelum memimpin rapat kabinet pertamanya, ia tertangkap kamera membawa matras.

Liputan6.com, Lima - Presiden baru Peru, Pedro Pablo Kuczynski, membuka rapat kabinet pertamanya pada Kamis 4 Juli kemarin dengan cara tak lazim. Ia dan 11 menterinya berolahraga bersama di depan istana kepresidenan.

Kuczynski yang terpilih sebagai presiden pada akhir Juli lalu tampil mengenakan pakaian olahraga. Dalam foto yang beredar ia terlihat menuruni anak tangga sembari mengangkut matras.

Seperti dilansir The Guardian, Jumat (5/8/2016) presiden yang juga mantan bankir itu melakukan olahraga kurang lebih selama satu setengah jam. Ia dan ke-11 menterinya didampingi oleh dua pelatih kebugaran.

Pemimpin berusia 77 tahun itu menegaskan, ia ingin mempromosikan aktivitas fisik di Peru, sebuah negara di mana lebih dari setengah populasinya mengalami obesitas.

"Kami ingin mempromosikan kesehatan, pikiran yang sehat di dalam tubuh yang juga sehat," ujar Kuczynski yang sempat bekerja di Bank Sentral Peru dan World Bank itu.

"Kali ini hanya untuk kabinet, namun berikutnya kami akan mengundang jurnalis," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan akan menjadikan olahraga bersama ini sebagai kegiatan rutin yang akan dilakukan setiap hari Rabu. Ia tak menjelaskan mengapa dari ke-19 menterinya hanya 11 orang yang ikut serta kemarin.

Namun di sisi lain, 'ritual' baru pemerintahan Peru ini menimbulkan pertanyaan besar tentang kesehatan sang presiden. Isu serupa yang merebak dalam pemilu di mana sejumlah pihak mempersoalkan faktor usia dan kesehatannya untuk memimpin negara yang tengah berjuang mengatasi kemiskinan dan kurangnya akses masyarakat terhadap layanan dasar itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.