Sukses

15-5-1930: Pramugari Pertama Asal AS yang Mengudara

Liputan6.com, Washington D.C. - Pramugari menjadi sosok istimewa bagi penumpang di pesawat karena perannya yang penting, memastikan semua penumpang telah mendapatkan pelayanan dan mengikuti prosedur dengan baik. Sosok pramugari identik dengan cantik.

Tapi tahukah Anda, siapa pramugari pertama yang berhasil mengudara? Dia adalah wanita asal Jerman bernama Heinrich Kubis. Sementara, pramugari pertama asal Amerika Serikat, Ellen Church juga dikenal sebagai pionir dalam profesi pramugari.

Jika Heinrich Kubis lebih lihai dalam memasak, sementara Ellen Church lebih berperan dalam bidang medis dan juga penerbangan. Church adalah seorang suster atau perawat yang telah memiliki sertifikat untuk melakukan penerbangan sebagai pilot. Tapi ia menjajal bidang pramugari.

Dengan keputusannya ini, Church berharap sosok perempuan bisa berkarya di bidang profesi pramugari, seperti dimuat Majalah TIME, Minggu (15/5/2016).

Kala itu, pada 15 Mei 1930, Church untuk yang kali pertama terbang ke angkasa sebagai pramugari. Dia menjalani empat kali penerbangan, di antaranya dari San Francisco ke Cheyenne, Wyo dan dari Cheyenne ke Chicago.

Menenangkan

Dia melakukan beberapa tugas, seperti berperan sebagai kopilot, mengatur koper penumpang, dan menyiapkan makan untuk penumpang. Juga menenangkan penumpang yang takut akan bahaya penerbangan.

"Sangat baik jika ada perempuan di pesawat yang berperan menenangkan para penumpang. Karena sosok perempuan bisa sangat membantu dibanding laki-laki," ujar Church.

Sejak Church berperan, profesi pramugari mulai diapresiasi dan banyak wanita yang berminat untuk menggeluti profesi tersebut. Sementara, persyaratan lowongan untuk menjadi pramugari semakin sulit.

Calon pramugari harus cantik, langsing, belum menikah, lulusan sekolah keperawatan, dan berusia 21-26 tahun.

Dan tugas pramugari sejak saat itu tidak hanya sebatas menyiapkan minum dan selalu berpenampilan menarik, tapi juga membantu pilot mengisi bahan bakar, membersihkan kabin, dan memperagakan prosedur keselamatan.

Sejarah lain mencatat pada 15 Mei 1928, Micky dan Mini Mouse pertama kali muncul di layar televisi dalam film Plane Crazy. Kemudian pada 15 Mei 1940, McDonald’s membuka restoran pertama kali di San Benardino, California.