Sukses

Alkohol Diharamkan di Sejumlah Kota di India

Liputan6.com, Bihar - Pemerintah Negara Bagian Bihar, India, mengumumkan larangan penjualan dan konsumsi alkohol di wilayahnya. Aturan tersebut akan diberlakukan pada Selasa 5 April.

Menteri Nitish Kumar sebelumnya mengumumkan larangan tersebut akan diterapkan secara bertahap dalam enam bulan ke depan. 

"Sekarang adalah waktu yang tepat bagi perubahan dalam masyarakat di Bihar," kata dia di NDTV seperti dikutip dari BBC, Rabu (6/4/2016).

Keputusan ini merupakan salah satu janji kampanye Kumar pada pemilihan umum yang digelar 2015 lalu.

"Saya memutuskan untuk menerapkan larangan setelah menerima dukungan kuat masyarakat pada empat hari pertama pelarangan alkohol buatan setempat," jelasnya.

Keputusan Kumar didukung semua partai politik di negara bagian itu. Sebanyak 243 anggota parlemen telah setuju dengan larangan alkohol itu.

Larangan penjualan dan konsumsi alkohol juga menjadi semacam bentuk dukungan kepada para wanita karena mereka umumnya mengaitkan pria peminum dengan kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan, dan kemiskinan.

Akibat larangan tersebut, sejumlah laporan menyebutkan Bihar akan kehilangan pemasukan sebesar US$ 752 juta atau Rp 9,9 miliar dari pemasukan pajak alkohol karena kebijakan ini.

Alkohol sudah benar-benar dilarang di negara bagian barat India, Gujarat. Sementara di sisi selatan, Kerala dan beberapa bagian Negeri Bollywood itu telah memberlakukan aturan serupa Bihar saat ini.

Loading