Sukses

Misteri Tangga Berusia 50 Tahun di Stasiun Kereta Bawah Tanah

Liputan6.com, Sydney - Sebuah sejarah Sydney terungkap setelah penemuan tangga misterius di sebuah konstruksi bangunan di stasiun Wynyard.

Tangga yang panjang dan tersembunyi itu keberadaannya diketahui setelah pihak pemerintah kota Sydney, ibukota negara bagian New South Wales (NSW) merenovasi demi memperluas stasiun bawah tanah.  

Namun, tangga misterius kali ini akan hilang kembali. Hal itu dilakukan demi memperluas ruangan terbuka di stasiun baru itu.

Sebagian anak tangga akan diperlihatkan ke publik sampai mereka 'hilang' dihancurkan demi tujuan restorasi.

Dari tahun 1932, anak tangga itu digunakan untuk platform 1 dan 2 di stasiun bawah tanah. Namun, warga Sydney masa kini mengetahui hanya platform 3, 4, 5 dan 6 yang digunakan di Wynyard.

Lantas bagaimana nasib terminal 1 dan 2?

Menurut kantor lingkungan dan barang antik NSW, sebelum bangunan ikonik Sydney Harbour Bridge dibangun, timur laut koneksi rel direncanakan untuk menyambung kereta dari Wynyard menuju stasiun Mosman hingga pantai timur.

 

Jembatan itu awalnya didesain untuk 4 jalur kereta. Dua di barat dan timur. Namun, proposal itu ditolak alih-alih layanan tram di utara diperluas menuju jembatan itu melewati Wynyard.


Jalur trem Wynyard dan stasiunnya beroperasi dari tahun 1932 dan satu-satunya komponen bawah tanah trem yang tersisa di Sydney. Juga menjadi salah satu yang tertua di dunia, seperti dilansir dari commercialrealeastate.

Stasiun trem berada di lantai atas stasiun Wynyard menggunakan platform 1 dan 2 yang berdekatan dengan rel terminal 3 dan 4 dan masuk lewat pintu dengan ruangan terbuka yang terpisah. Di situlah, tangga misterius berada.

Kendaraan bus mulai menggantikan trem pada tahun 1933. Pada tahun 1950-an, trem berhenti beroperasi di seluruh Sydney dan pada 29 Juni 1958, stasiun Wynyard merayani rute terakhir kereta listrik tengah kota itu. Misteri Tangga  Berusia 50 Tahun di Stasiun Kereta Bawah Tanah (Transport NSW)

Saat trem berhenti beropeasi, anak tangga dari ruangan terbuka menuju terminal trem ditutup dan terlupakan hingga sekarang.

"Bagian-bagian dari anak tangga ini seperti langkan asli dan pegangan tangannya akan kami selamatkan dan alan digunakan untuk memperbaiki tangga yang ada di ruangan terbuka di stasiun," kata juru bicara transportasi NSW.

Selain anak tangga, di atasnya terdapat ruangan bekas kantor jalur kereta NSW.

"Ada kemungkinan temuan yang lebih mengejutkan lagi,"tutup juru bicara.