Sukses

Momen Menegangkan Peselancar Terempas dari Puncak Ombak 12 Meter

Ombak itu seperti monster laut raksasa.

Liputan6.com, Maui - Seorang peselancar terekam kamera ketika terempas dari puncak sebuah ombak raksasa setinggi 12 meter yang mirip dengan 'monster laut raksasa'. Baginya, pengalaman itu seperti terjatuh ke jurang.

Dikutip dari Surfer Magazine, Selasa (2/2/2016), peselancar profesional bernama Tom Dosland sedang menantang ombak pada Rabu lalu, 27 Januari 2016, ketika mendadak ombak tinggi mengempasnya.

"Aku seperti terjun bebas, rasanya seperti lompat dari tebing," kata Dosland. "Saat itulah tali penghubung kaki dan papanku terlepas dan terbelah dua lalu menimpa kepalaku.

Ia menghujam permukaan laut dengan kepala di bawah. 

"Dari situ, wajahku seperti menabrak sesuatu, seperti sedang dipukuli berkali-kali, mirip seperti kecelakaan mobil. Gulungan ombak begitu luar biasa hingga aku terpaku dan lupa menarik pelampung tali pelampung penyelamatku," kenangnya lagi.

Dalam penjelasannya kepada Surfer Magazine, pemuda tersebut mengatakan bahwa ia dan sejumlah rekannya 'meramal' ombak dan cuaca bakal bagus pada hari ia itu. Mereka pun bergegas Pantai Maui, Hawaii, untuk sesi pagi.

Namun, sampai di sana ombak belum begitu menantang, tapi menjulang dengan cepat. Ia memutuskan kembali lagi pada tengah hari dan hanya bersama dengan rekan-rekannya yang memang getol menaklukkan. Dosland akhirnya mengincar suatu ombak yang menggunung.

“Sebelum ombak ini, aku mengayuh beberapa saat dan sempat kembali karena ombak-ombaknya belum berjajar dengan benar. Tapi ketika ombak itu datang, aku yakin benar bakal menaklukkannya,” kata Dosland.

“Kelihatannya seperti monster yang menjulang keluar dari laut ketika menerjang ke arahku.Tapi aku tetap melanjutkan. Tidak peduli apa pun. Aku berenang dan bawa papanku ke punggung ombak itu," ujar peselancar profesional itu. 

Detik-detik peselancar Tom Dosland terhempas dari puncak ombak setinggi 12 meter. (Sumber Pompermayer via Surfer Magazine)

“Mungkin tidak jelas dalam videonya, tapi ada angin mengempas wajahku saat akan memasuki ombak. Jadi terasa seperti buta selama beberapa detik. Aku hanya bisa melihat dengan satu mata dan buram juga.”

Belakangan, ia berhasil membuka dua matanya dan menyadari apa yang sedang akan terjadi. "Aku mendadak menyadari bahwa ini tidak baik untukku.”

Berikut rekaman pengalaman menegangkan sang peselancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.