Sukses

Misteri Gelombang Bola Salju di Permukaan Danau

Di danau Maine yang hangat ditemukan bola-bola salju yang membentuk riak gelombang.

Liputan6.com, Maine - Sebuah video beredar menunjukkan pemandangan tak biasa. Di danau Sebago, Maine, AS, mengapung kumpulan bola salju yang bergerak seperti ombak.

Seorang fotografer, David Allen mengunggah video ke akun Facebook yang menunjukkan ombak bola salju di danau Sebago pada Selasa 29 Desember. Dilaporkan UPI, kejadian itu ditemukan tak lama setelah udara musim dingin melanda daerah sekeliling danau.

"Ini fenomena alam paling menakjubkan yang pernah saya saksikan!" Allen menulis di kutipan unggahan Facebook-nya. Semenjak saat itu, lebih dari 140.000 orang menonton rekaman misteri gelombang salju tersebut. 

Belum ada penjelasan ahli mengenai penjelasan terjadinya fenomena tersebut. Lebih membingungkan lagi, sebab sebelumnya cuaca Maine terbilang hangat.

"Tak ada es di danau dan ini bukan danau es," tulis Allen.

"Cuaca dingin ketika saya merekam kejadian ini, mungkin sekitar minus 6 derajat celcius. Saya mengambil beberapa bola salju, dan itu langsung hancur. Itu bukan es," lanjut Allen. 

"Area tempat terjadinya fenomena memiliki undakan batu yang berfungsi menangkal dan menahan es dari jatuh ke garis danau. Menurut saya, ini ada hubungannya dengan salju dari badai yang menggumpal dan membentuk seperti ini, di tempat ini.

"Tebakan terbaik saya, udara sangat dingin dan berangin, sehingga, ketika salju mengenai air, bukannya meleleh, justru membentuk gumpalan dan mengapung di permukaan.

Selanjutnya, menurut Allen, karena tertahan di air, salju terbentuk melalui gerakan ombak dan angin menjadi sekumpulan bola-bola dengan bentuk dan ukuran serupa.

Saksikan video fenomena unik gelombang bola salju!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.