Sukses

Bom Meledak di Pusat Kota Bangkok, 12 Orang Tewas

Lokasi ledakan di perempatan Rajprasong yang merupakan pusat demonstrasi politik dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Bangkok - Sebuah bom yang meledak di luar kuil Hindu di Distrik Chidlom, pusat Kota Bangkok, Thailand dikabarkan menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya. Demikian disebutkan seorang perwira polisi dan petugas penyelamat di lokasi kejadian.

Sejumlah media bahkan menyebut korban jiwa telah mencapai 15 orang. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari aparat.

Seperti dilansir The Guardian, Senin (17/8/2015), bagian tubuh manusia tersebar di seberang jalan setelah ledakan terjadi di luar Kuil Erawan itu. Bom meledak sekitar pukul 19.00 WIB.

"Yang bisa saya katakan sekarang adalah telah terjadi ledakan bom di pusat Kota Bangkok yang melibatkan bom sepeda motor," kata Wakil Kepala Kepolisian Nasional Thailand, Aek Angsananond.

Lokasi ini merupakan kuil terkenal dan berlokasi di sisi sebuah hotel berbintang lima. Lokasi ledakan di perempatan Rajprasong yang merupakan pusat demonstrasi politik dalam beberapa tahun terakhir.

Serangan dengan bom seperti ini jarang terjadi di ibukota Thailand tersebut. Apalagi hingga kini tidak ada yang mengaku bertanggung jawab.

Hanya saja, pasukan Thailand sudah lama memerangi pemberontakan warga muslim di selatan negara yang berpenduduk mayoritas Buddha itu, meskipun pemberontak jarang melancarkan serangan ke komunitas di luar etnis mereka.

Thailand juga telah terbelah selama satu dekade oleh kekerasan akibat persaingan antara faksi-faksi politik di Bangkok.

Kini Thailand diperintah pleh junta militer sejak Mei 2014, ketika menggulingkan pemerintah terpilih yang berbulan-bulan diserang protes antipemerintah. (Ado/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.