Sukses

Fenomena Danau 'Bocor'

Volume air di danau ini menyusut dengan cepat di musim panas. Seperti bak mandi yang bocor, airnya tersedot ke sebuah lubang besar.

Liputan6.com, Oregon - Fenomena unik terjadi di sebuah danau dangkal di pegunungan Oregon, Amerika Serikat. Seperti bak mandi bocor, air di danau menyusut drastis melalui sebuah lubang berukuran cukup besar.

"Lubang di dasar Lost Lake itu merupakan pipa-pipa alamiah, yang terbentuk karena aliran-aliran lava yang berbentuk tabung menuju pusat lava di dalam perut pegunungan," ucap Jude McHugh, juru bicara Willamette National Forest kepada The Bulletin.

Para ilmuwan meyakini, penampakan spektakuler tersebut disebabkan oleh lava tube (tabung lava), terowongan di permukaan Bumi yang tercipta untuk mengeringkan lava selama peristiwa erupsi gunung berapi.

"Pada Lost Lake, lava tube kolaps dan menjadi lubang penghisap di danau tersebut," tutur McHugh.

Lubang-lubang lava sejenis itu tersebar di sejumlah tempat di Cental Oregon Cascades. Setidaknya ada 2 lubang lava di bagian utara Lost Lake.

Lubang-lubang itu berdekatan dengan jalan tol AS, Highway 20 dan Highway 126 di sekitar kawasan resort ski Hoodoo.

Menurut jurubicara itu, ada sejumlah upaya tidak resmi untuk menyumbat lubang. Pegawai U.S. Forest Service mendapati bagian-bagian mobil, mesin dan rongsokan lain yang digunakan warga untuk menghentikan air tersedot.

Keunikan lainnya, siklus pertambahan air di danau ini mengikuti musim.

Di akhir musim gugur, jumlah air di danau melebihi kemambuan lava tube tersebut untuk mengalirkan banyu. Pun saat musim dingin akibat hujan dan guyuran salju.

Kala musim hujan berakhir, danau sedalam 2,7 meter itu kehilangan sumber airnya. Dan air kemudian menghilang, masuk ke tabung lava. Lenyap. Siklus itu terjadi tiap tahun.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini