Sukses

Ini Dia, Mesin Kopi Espresso Pertama di Luar Angkasa

Para antariksawan sekarang sudah dapat menikmati kopi espresso segar di International Space Station (ISS).

Liputan6.com, Jakarta Para antariksawan sekarang sudah dapat menikmati kopi espresso segar di International Space Station (ISS). Dalam proses pergantian awak baru-baru ini, seorang antariksawati Italia, Samantha Cristoforetti, membawa serta mesin pembuat kopi espresso yang dirancang khusus untuk penggunaan di ruang angkasa.

Mesin yang dinamai ISSpresso ini diciptakan oleh perusahaan ruang angkasa Argotec bekerjasama dengan perusahaan kopi terkenal di Italia, Lavazza. Pembuatan mesin ini didukung oleh Badan Ruang Angkasa Italia (ASI). Hebatnya, walaupun merupakan teknologi ruang angkasa, ISSpresso ini menggunakan kapsul-kapsul kopi baku yang sudah diproduksi oleh Lavazza.

Espresso pertama di ISS sebetulnya dituangkan ke dalam plastik minuman yang dirancang khusus. Wadah itu memang dibuat tembus pandang supaya memungkinkan pengamatan percobaan penyeduhannya, sekaligus dirancang untuk mengatasi perbedaan tekanan udara di ruang angkasa.

Kopi espresso kemudian diminum dengan menggunakan sedotan. Sesudah itu barulah dipergunakan cangkir khusus hasil cetakan 3 dimensi karya Portland State University.

Cangkir ini menggunakan teknologi permukaan dan daya kapiler yang menjaga bentuk cairan kopi di dalamnya sehingga antariksawan dapat meminum kopi sebagaimana dilakukan di permukaan bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.