Sukses

Kemeriahan Perayaan Imlek di Mancanegara

Di Beijing warga menyambut tahun baru Imlek dengan sejumlah pertunjukan. Sementara sebuah kafe di Seoul mempunyai cara unik tersendiri.

Liputan6.com, Beijing - Warga Kota Beijing, Tiongkok merayakan hari terakhir tahun kuda pada Rabu waktu setempat dengan pertujukan tarian naga, musik, lampion, dan kostum kaisar. Tak ketinggalan segala jenis makanan khas Imlek seperti nasi ketan yang melambangkan kerukunan pun disajikan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (18/2/2015), anak-anak dan sejumlah pengunjung bisa menikmati wisata kehidupan kekaisaran Tiongkok dalam acara menyambut tahun baru Imlek ini.

Hari ini, tahun baru Tiongkok merupakan tahun domba. Warga di Tiongkok akan menikmati libur tahun baru Imlek ini hingga 25 Februari 2015.

Sedikit berbeda dengan Tiongkok, warga Tionghoa di Hanoi, Vietnam melambangkan tahun baru Imlek sebagai tahun kambing, bukan domba. Kambing dianggap sebagai lambang kesabaran dan kedamaian.

Sementara di Hong Kong, menyambut tahun baru Imlek pasar-pasar tampil meriah dan serba berwarna merah. Salah satunya di kawasan Victoria Park. Selain gambar domba atau kambing, tampak pula simbol payung yang menyindir pemimpin Hong Kong terkait unjuk rasa beberapa waktu lalu.

Di kota Seoul, Korea Selatan, sebuah kafe di kawasan Hongdae membiarkan domba-domba berbaur dengan pengunjung. Ini dilakukan untuk menyambut tahun baru imlek dengan shio domba.

Pengunjung bisa menikmati sajian menu kafe sambil memberi makan domba. Selain untuk menyambut tahun baru Imlek, pemilik kafe juga mengaku ingin menghadirkan suasana alam di tengah kesibukan Kota Seoul. (Nfs/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.