Sukses

Usia 5 Tahun, Ayan jadi Ahli Komputer Termuda

Ayan lulus ujian berlisensi Microsoft pada usia lima tahun. Keren!

Liputan6.com, London - Seorang bocah bernama Ayan Qureshi di Inggris menjadi spesialis komputer termuda di dunia. Ia berhasil lulus tes untuk menjadi teknisi berlisensi Microsoft pada usia lima tahun.

Ketika ia datang untuk mengikuti tes Microsoft, para penyelenggara sempat khawatir bahwa dia terlalu muda untuk menjadi kandidat. Namun ayahnya meyakinkan bahwa Ayan bisa melalui ujian yang diambil oleh orang-orang untuk menjadi teknisi IT.

"Tesnya cukup sulit tetapi menyenangkan. Aku berharap bisa menciptakan pusat jaringan teknologi di Inggris suatu saat nanti," ungkap Ayan seperti dikutip dari BBC, Minggu (16/11/2014).

"Tantangan terbesar adalah menjelaskan bahasa ujian ke bocah berusia lima tahun. Tetapi dia tampak bisa mengikutinya dan memiliki ingatan yang baik," kata ayah Ayan, Asim yang juga seorang konsultan IT.

Ayan, yang kini berusia enam tahun, sudah memiliki laboratorium komputer di rumahnya di Conventry, Inggris. Berisi jaringan komputer yang dia buat sendiri.
 
Sang ayah, Asim lah yang pertama kali mengenalkan komputer kepada Ayan saat berusia tiga tahun. Dia membiarkan putranya bermain dengan komputer lamanya, sehingga dia bisa mengerti berbagai jenis piranti keras.

"Apapun yang saya ajarkan, esok hari dia bisa mengingat semua yang saya katakan, jadi saya mulai memberinya lebih banyak informasi," kata Asim.

"Terlalu banyak bermain komputer di usianya akan berdampak negatif, tetapi tidak untuk Ayan, dia malah bisa memanfaatkannya," tambah Asim.

Di rumah, Ayan bisa menghabiskan dua jam sehari untuk mempelajari sistem operasi dan bagaimana cara menginstal sejumlah program.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini