Sukses

PBB: Butuh 3 Bulan Kontrol Penyebaran Ebola

Utusan Khusus PBB untuk krisis Ebola, David Nabarro mengatakan dia berharap penyebaran virus dapat dikontrol dalam waktu 3 bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Utusan Khusus PBB untuk krisis Ebola, David Nabarro, berharap penyebaran virus dapat dikontrol dalam waktu 3 bulan. Nabarro mengatakan jumlah kasus Ebola meningkat, tetapi kesadaran masyarakat dapat mengatasi penyebaran virus.

Menurut dia, masyarakat semakin sadar bahwa mengisolasi mereka yang terinfeksi merupakan cara terbaik untuk mencegah transmisi virus. Sampai saat ini, 8.300 orang telah terjangkit atau menjadi suspect kasus Ebola, dan setidaknya 4.033 tewas.

Sekitar 4.024, terjangkit di negara-negara Afrika seperti Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Kasus penyebaran virus Ebola juga dilaporkan di Nigeria, Senegal, Spanyol dan AS.

Nabarro mengatakan bahwa jumlah kasus baru cukup menakutkan, dengan jumlah penyebaran yang luas. Awalnya, banyak komunitas Afrika Barat tidak mengetahui bahwa itu merupakan penyakit menular.

"Saya pikir kami melihat keterlibatan masyarakat yang membuat saya yakin bahwa target untuk mengontrol penyebaran penyakit itu dalam 3 bulan dapat dipahami," kata dia seperti dikutip BBC, Minggu (12/10/2014).

"Dapat mengontrol maksud saya, jumlah kasus baru pada tiap pekan menyusut dibandingkan dengan minggu sebelumnya sampai pada titik tidak ada transmisi baru," imbuh dia.

Virus Ebola menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang atau hewan yang terinfeksi.

Sementara itu, Bandara John F Kennedy,  New York, mulai memeriksa para penumpang dari Liberia Sierra Leone dan Guinea dari kemungkinan membawa virus Ebola, Sabtu 11 Oktober 2014, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran.

Para penumpang dari negara-negara tersebut akan diperiksa suhu tubuhnya dan harus menjawab sejumlah pertanyaan. Pemeriksaan itu dilakukan setelah seseorang meninggal di Texas karena Ebola pada Rabu lalu. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.