Sukses

Pasar Pengantin di Bulgaria

Setiap Todorovden atau Hari Santo Todor, keluarga Roma di Bulgaria memiliki tradisi menawarkan anak perempuan mereka yang sudah dewasa ke pasar. Para pria dapat membeli wanita-wanita itu.

Liputan6.com, Stara Zagora: Tidak hanya makanan dan bahan pokok yang dapat dibeli di pasar. Pengantin wanita pun bisa dibeli di pasar. Peristiwa unik ini terjadi di Stara Zagora, Bulgaria, belum lama ini.

Sejak ratusan tahun silam, keluarga Roma di Bulgaria memiliki tradisi unik setiap Todorovden atau Hari Santo Todor yang jatuh pada pertengahan Maret. Putri mereka yang telah dewasa bisa ditawarkan di pasar pengantin. Pembelinya adalah para pria dari suku Kalaidzhii di Bulgaria bagian selatan.

Rata-rata calon pengantin perempuan berharga antara 2.000 euro hingga 2.500 euro atau senilai Rp 22 juta. Namun, calon pengantin yang paling cantik biasanya berharga jauh di atas angka itu. Kendati boleh dipilih, ditawar, bahkan dibeli, pengantin perempuan bisa menolak bila tak menyukai sang pria. Sebaliknya, bila terjadi kesepakatan, uang bayaran akan diserahkan kepada keluarga si gadis. Duit itu sebagai lambang anak perempuan mereka akan diperlakukan dengan baik di keluarga barunya kelak.(DNP/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.