Sukses

Ade Priyatna, Ketua DPRD Jakarta Baru

Di luar perkiraan, Ade Priyatna dari Partai Golkar yang didukung partai-partai dari Koalisi Kebangsaan mengalahkan pesaing terdekatnya, Ahmad Heryawan yang disokong PKS, PAN, dan Partai Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta: Ade Sura Priyatna dari Partai Golongan Karya terpilih menjadi Ketua DPRD Jakarta periode 2004-2009. Ade mengalahkan tiga kandidat lain melalui proses pemilihan dengan acara voting secara tertutup di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (17/9) pagi.

Ade mengungguli Ahmad Heryawan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ikhlal Ferhat dari Partai Demokrat, dan Maringin Pangaribuan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Dalam voting itu, Ade mengantongi 42 dari 75 suara. Sementara saingan terkuatnya Ahmad, hanya mengumpulkan 30 suara. Sementara Ikhlal dan Maringin hanya meraup satu suara dan satu suara dinyatakan rusak.

Kemenangan Ade di luar perkiraan. Para pengamat menempatkan nama Ahmad di puncak bursa pemilihan Ketua DPRD Jakarta. Sebab, selain PKS, dia disokong oleh Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional yang semula diprediksi meraup 39 suara. Namun perkiraan ini meleset. Ade justru memperoleh lebih dari 50 persen dari jumlah total suara DPRD Jakarta.(DNP/Joy Astro dan Andi Azril)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.