Sukses

Warga Belasan Kecamatan di Banyumas Kesulitan Air

Kekeringan membuat 10 ribu kepala keluarga di 12 kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mencari air di sumur tetangga yang belum kering.

Liputan6.com, Banyumas: Sedikitnya 10 ribu kepala keluarga di 12 kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kesulitan mendapatkan air bersih. Di antaranya di Kecamatan Kalibagor, Sumpiuh, Rawalo, dan Gumelar.

Berdasarkan pemantauan SCTV, baru-baru ini, kekeringan di sana membuat banyak sumur warga kering, Mereka terpaksa mencari air di sumur tetangga yang belum kering. Ratusan warga di kawasan Gunung Tugel, Kalibagor, setiap hari harus mengantre di sumur tetangga yang masih terdapat sumber air hanya untuk kebutuhan memasak. Sementara untuk mencuci dan mandi, mereka harus berjalan kaki ke sungai di pinggiran desa sejauh dua kilometer.

Sejumlah warga mengatakan, situasi ini berlangsung sejak sebulan terakhir. Saat ini, mereka berusaha mengurangi penggunaan air. Misalnya, dilakukan dengan mandi hanya sekali dalam sehari.

Kekeringan di Jawa Tengah terus meluas. Selain di Banyumas dan Tegal, kekeringan sudah melanda Kabupaten Rembang, Wonogiri, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo. Tercatat, 54.609 hektare lahan pertanian di berbagai kabupaten kekurangan air. Sekitar 3.491 hektare tanaman padi juga gagal panen atau puso [baca: Kekeringan Meluas di Jateng].(SID/Mardianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini