Sukses

Arus Balik di Gambir Melonjak

Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi nanti malam. Soalnya, aktivitas perkantoran dan sekolah sudah dimulai Senin besok. Pemudik masih memenuhi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta: Arus penumpang balik di Stasiun Kereta Api Pasar Senen dan Gambir, Jakarta Pusat, melonjak, Ahad (30/11). Hingga siang tadi telah tiba sebelas kereta api yang mengangkut sekitar 5.000 pemudik. Sepuluh kereta api lainnya masih tertahan di perjalanan. Diperkirakan, sekitar 15 ribu pemudik juga akan tiba malam ini.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Daerah Operasi I PT Kereta Api Indonesia Zainal Abidin, keterlambatan sepuluh kereta dari jadwal semestinya dikarenakan kereta bahan bakar minyak anjlok di Tegal, Jawa Tengah, semalam [baca: Kereta Api Pengangkut Solar Anjlok]. Kereta yang terlambat antara lain KA Cirebon Ekspres, Kertajaya, Tegal Arum, Argo Mulia, Brantas, dan Matarmaja. Zainal menambahkan, secara total jumlah arus balik yang masuk melalui Stasiun Gambir pada tahun ini menurun dari tahun sebelumnya.

Jika Stasiun Gambir dipenuhi arus balik, hingga H+5 Idul Fitri suasana di Stasiun Pasar Senen justru masih disesaki pemudik. Sekitar 150 ribu penumpang yang akan mudik ke Jateng dan Jawa Timur masih tertahan di Stasiun Pasar Senen. Hal ini terjadi karena kereta BBM anjlok di Tegal. Seorang penumpang bernama Budi mengaku sudah menunggu hampir 30 jam karena KA Kertajaya yang akan mengangkutnya ke Surabaya terhambat di perjalanan.(ULF/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini