Sukses

Heli Tempur Mi-35 Resmi Diserahterimakan

Peresmian tanda terima ditandai dengan pergelaran aksi heli tempur Mi-35 di hadapan petinggi TNI di Bandara Halim Perdanakusumah. Keunggulan dan sejumlah fasilitas heli disajikan dengan apik.

Liputan6.com, Jakarta: Heli tempur Mi-35 melakukan uji coba di Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (20/9). Perangkat tempur andalan Rusia itu menyajikan berbagai manuver, seperti terbang membentuk sudut 45 derajat dari permukaan tanah, berputar 360 derajat, menukik, dan terbang mundur. Aksi Mi-35 tersebut menjadi simbol penyerahan heli dari Rusia kepada Indonesia secara resmi.

Helikopter Mi-35 mampu terbang normal sejauh 450 kilometer dengan kecepatan maksimal 320 km per jam. Kapasitas angkut heli ini adalah delapan penumpang plus tiga awak. Dalam kesempatan itu, para petinggi TNI yang hadir diperlihatkan sejumlah peralatan perang yang melengkapi Mi-35. Kelengkapan itu antara lain empat buah missile antitank, 20 buah roket S-8 kaliber 8 milimeter, dan sebuah canon MTN kaliber 30 mm.

Helikopter Mi-35 dan Mi-17 tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Senin silam. Kedatangan kedua heli tempur yang diangkut pesawat Antonov disaksikan Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Logistik Wijarnako Puspoyo dan Komandan Penerbang TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Arifin [baca: Dua Helikopter Tempur Rusia Tiba di Halim]. Heli tempur dan angkut ini nantinya akan digunakan untuk mendukung operasi TNI Angkatan Darat di udara.(KEN/Christyanto dan Dwi Nindyas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.