Sukses

Menabuh Beduk Dulu, Berbuka Puasa Kemudian

Supaya tak bosan menunggu waktu berbuka puasa tiba, warga Cimahi, Jawa Barat, menggelar lomba menabuh beduk. Pemenangnya dihadiahi seekor sapi, domba super, atau sepuluh ekor ayam.

Liputan6.com, Cimahi: Lain ladang lain belalang. Berbeda daerah, berbeda pula tradisi kegiatan menjelang berbuka puasa. Kalau orang Bandung, Jawa Barat, sukanya jalan-jalan sore alias je je es, tetangganya di Cimahi lain lagi. Warga di kota kecil ini ngabuburit ria dengan menggelar lomba dulag alias menabuh beduk di alun-alun Kota Cimahi.

Kelompok peserta yang mendaftar minimal mesti beranggotakan empat orang. Panitia akan menilai kekompakan tim baik kostum maupun irama yang dihasilkan. Atraksi ini tentu saja menarik perhatian warga sebelum berbuka puasa. Jika menang, siap-siap saja membawa pulang hadiah berupa seekor sapi, domba super, atau sepuluh ekor ayam.

Sedangkan di warga Bandung yang terletak berdekatan dengan Cimahi, biasanya ngabuburit dilakukan dengan berjalan-jalan pakai kendaraan bermotor ataupun kuda [baca: Menunggu Berbuka Puasa, Warga Bandung Ngabuburit]. Sementara anak mudanya banyak pula yang kebut-kebutan.(MTA/Patria Hidayat dan Taufik Maru)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini