Sukses

Hair Removal 101, Pro dan Kontra Antara Shaving, Waxing, dan Laser Removal

Simak di sini pro dan kontra antara shaving, waxing, dan laser removal sebelum Anda mencukur rambut. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang hair removal atau pencukuran rambut halus, mungkin Anda juga sering mendengar tiga hal ini, shaving, waxing, dan laser removal. Ketiga hal tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Waxing

Cara kerja dari waxing adalah dengan menggunakan lilin panas yang diaplikasikan pada area yang diinginkan. Pengaplikasiannya ke arah berlawanan dari pertumbuhan rambut, menarik rambut tersebut keluar dari akarnya, seperti dilansir dari stylecaster.com, Selasa (24/7/2018).

Waxing paling baik dilakukan untuk rambut di bagian kaki, ketiak, dan area bikini. Anda yang memiliki rambut kasar dan gelap juga paling baik melakukan waxing.

Kelebihan waxing adalah menghilangkan rambut dari akar membuat kulit lebih halus. Waxing membutuhkan pertumbuhan rambut kembali agar bekerja dengan efektif, setidaknya seperempat inci.

Jangan minum alkohol sebelum melakukan waxing. Alkohol dapat mengencangkan pori-pori, membuat proses waxing jauh lebih menyakitkan.

Lakukan riset terlebih dahulu terhadap lilin yang dipakai salon yang Anda datangi, apakah kualitasnya baik untuk mencukur rambut Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shaving

Cara kerja dari shaving aalah mencukur untuk menghilangkan rambut di permukaan kulit memotongnya dengan pisau cukur. Shaving paling baik dilakukan untuk area kaki, ketiak, dan area yang memiliki rambut halus.

Kelebihan shaving adalah pada harganya yang murah, prosesnya tidak menyakitkan, cepat, dan mudah untuk dilakukan. Krim shaving seharusnya bisa membuat kulit tetap lembut dan lembap.

Sayangnya, shaving juga membuat pertumbuhan rambut lebih cepat, karena rambut terputus di permukaan. Dan kemungkinan luka pada pori kulit karena shaving kerap membuat rambut justru tumbuh ke dalam.

3 dari 3 halaman

Laser Removal

Laser dapat menembus kulit untuk menyasar batang rambut dan menghambat pertumbuhan rambut. Pada dasarnya, laser dapat menghancurkan folikel, memungkinkan rambut di area yang dirawat hilang dalam 2 sampai 3 minggu.

Laser removal paling baik dilakukan pada orang dengan rambut lebih gelap dari warna kulitnya. Laser cenderung menyasar melanin rambut, tidak cocok untuk orang berkulit gelap dan rambut pucat.

Kelebihan dari laser removal adalah dapat menghilangkan rambut di semua bagian dalam jangka panjang dan tidak menyebabkan kerusakan dermis, sehingga kulit yang paling sensitif pun bisa diobati. Untuk melakukan laser removal, sebaiknya Anda mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk berkonsultasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.