Sukses

Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Jerawat memang sering kali membuat kulit jadi jauh dari kondisi prima. Jika telah teratasi, jerawat akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, tentu diperlukan produk yang tepat. Tak bisa dilakukan secara instan, menghilangkan bekas jerawat akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Sebenarnya, tersedia beragam pilihan produk untuk mengatasi bekas jerawat. Namun, jika kamu lebih memilih untuk menghilangkannya secara alami, ada beberapa pilihan bahan yang dapat kamu manfaatkan. Bahkan, sebagian bahan berikut mungkin sudah kamu miliki di rumah. Penasaran? Yuk, simak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami berikut!

1 dari 4 halaman

1. Mengaplikasikan Beberapa Tetes Essential Oil Pada Area yang Bermasalah

Essential oil atau minyak esensial adalah salah satu opsi perawatan kulit natural yang kini semakin digemari. Kaya akan nutrisi dan manfaat, terdapat beragam jenis minyak esensial yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, pilihan minyak esensial yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bekas jerawat adalah grapeseed oil dan tea tree oil. Grapeseed oil dapat menghidrasi kulit serta membersihkan pori-pori dan mempercepat proses penyembuhan, sehingga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Adapun, tea tree oil kaya kandungan antiseptik dan anti-bakteri, yang dapat meredakan jerawat, sekaligus membantu menyembuhkan bekas jerawat. Gunakan 1-2 tetes essential oil pada area yang bermasalah.

 

2. Membuat Masker Wajah dari Madu

Bahan alami yang satu ini memang sudah terkenal dengan sederet khasiatnya untuk kecantikan maupun kesehatan. Selain merupakan pelembap alami, madu juga memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat mencegah, menyembuhkan, serta menyamarkan bekas jerawat sekaligus melembapkan kulit. Untuk menggunakannya, kamu dapat mengaplikasikan madu sebagai masker wajah, maupun sebagai campuran untuk masker atau scrub.

Untuk memaksimalkan penggunaan madu untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu dapat membuat scrub campuran madu dan gula yang berasal dari tebu. Tebu mengandung glycolic acid yang merupakan salah satu alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel. Hmm, mungkin bahan-bahan ini sudah ada di dapur kamu dan dapat langsung kamu coba, nih.

2 dari 4 halaman

3. Ekstrak Lidah Buaya atau Aloe Vera Gel

Belakangan ini, gel lidah buaya atau aloe vera gel sedang marak di media sosial. Pasalnya, aloe vera gel diyakini dapat menjadi solusi berbagai permasalahan kulit, mulai dari kulit kering hingga kulit berjerawat. Tidak mengherankan sih, pasalnya lidah buaya memang kaya akan vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk kulit. Saat diaplikasikan pada kulit dengan bekas jerawat, kandungan lidah buaya akan membantu regenerasi sel-sel kulit yang rusak dan mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat. kamu dapat menggunakan potongan lidah buaya yang telah dikupas lalu pijat secara lembut pada kulit, atau langsung menggunakan aloe vera gel dalam kemasan yang sudah banyak dijual.

4. Membuat Masker Tomat

Sering enggak sih kamu melihat masker untuk mengatasi jerawat yang menggunakan tomat sebagai kandungan utamanya? Ternyata, buah tomat yang juga kerap dinikmati dalam hidangan menyimpan banyak manfaat untuk kulit berjerawat. Tomat memiliki kandungan anti-oksidan, vitamin A, serta carotene yang tinggi. Kandungan-kandungan ini efektif untuk menyembuhkan jaringan kulit yang rusak, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, sekaligus mencerahkan wajah. Untuk menggunakannya, kamu dapat menggunakan irisan tomat maupun menghaluskan tomat untuk digunakan sebagai masker. Mudah sekali, ya!

3 dari 4 halaman

5. Mengaplikasikan Putih Telur Secara Rutin

Bahan alami yang satu ini kemungkinan besar tersedia di rumah kamu! Putih telur mengandung kadar protein yang sangat tinggi, sehingga membantu mengencangkan pori-pori, mengangkat komedo, mencegah jerawat, sekaligus mencerahkan luka maupun bekas jerawat. Untuk menggunakannya, aplikasikan putih telur menggunakan kapas atau cotton bud pada area bekas jerawat, lalu diamkan semalaman. Jika kamu tidak mau mendiamkannya semalaman, cukup diamkan putih telur pada kulit selama 10-15 menit hingga kering lalu bilas. Gunakan secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal! Jika putih telur masih bersisa cukup banyak, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk masker wajah.

Sumber: Vemale.com

Penulis: Devina Ellora

Artikel Selanjutnya
Oh No! 4 Zodiak Ini Enggak Cocok Jadi Pasangan
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak yang Paling Susah Diajak Putus