Sukses

Cek Kesehatan Rambut Anda Sekarang dari Segelas Air Putih

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda salah satu yang sering melakukan penataan rambut? Entah itu blow dry, pelurusan, menyisir rambut terlalu sering, atau terlalu sering terpapar sinar matahari, rasanya hampir tidak mungkin menutupi semua kerusakan yang terjadi pada rambut Anda.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mengetahui keadaan rambut Anda yang sebenarnya? Dilansir dari purewow.com, Jumat (25/11/2016), berikut ini ada satu trik rahasia untuk mencari tahu keadaan dari rambut Anda, apakah sehat ataukah rusak?

Apa yang Anda butuhkan?
Segelas air bening dan sehelai rambut.

Apa yang harus Anda lakukan?
Pastikan 3/4 gelas terisi penuh oleh air, kemudian letakkan rambut di dalamnya. Jika sehelai rambut tersebut mengapung di atas rambut, maka jelas rambut Anda dalam keadaan sehat. Sebaliknya, jika rambut tersebut langsung tenggelam ke dalam gelas, maka kemungkinan besar rambut Anda telah mengalami kerusakan.

Rambut memiliki poros kutikula atau lapisan terluar dari rambut yang memiliki fungsi penyerapan. Jika rambut Anda mengalami kerusakan, maka air akan mudah merembes ke dalamnya dan menjadikan rambut tersebut berat, kemudian tenggelam.
Biasanya rambut yang telah mengalami kerusakan akan terlihat dari bentuknya yang ikal dan warna yang pudar.

Bagaimana cara memperbaikinya?
Gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk meningkatkan kesehatan dari lapisan rambut terluar. Selain itu, hindari pewarnaan dan panas matahari untuk beberapa waktu.

Selamat mencoba!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS