Sukses

Ini Dia Cara Tepat Menyamarkan Bekas Jerawat

Ingin tahu cara menyamarkan bekas jerawat yang tepat? Baca ini.

Liputan6.com, Jakarta Memang, sebaiknya kita jangan memencet jerawat sampai pecah karena itu berarti mendorong bakterinya masuk lebih ke dalam lagi. Tapi jika Anda tak tahan lagi dan memencet jerawat tersebut, berikut adalah cara untuk menyamarkan bekasnya yang merah dengan tips dari dermatolog, Dr. Annie Chiu, dan makeup artist, Ashleigh Ciucci, seperti dilansir dari Stylecaster.com, Selasa (15/11/2016).

  • Kompres jerawat tersebut dengan kompres hangat untuk menghentikan darahnya, lalu bersihkan dengan hati-hati menggunakan air hangat dan sabun. Jika ada waktu hancurkan tablet Aspirin, campur dengan sedikit air hangat sampai mengental lalu tempelkan di jerawat untuk mengurangi peradangan dengan cepat hingga seluruh isi jerawat pun bisa keluar dengan cepat.
  • Bersihkan lagi jerawat tadi, dan setelah darah dan isi berhenti keluar, bubuhkan obat tetes mata. "Ini akan mengurangi warna merahnya hingga lebih mudah untuk disamarkan", jelas dr. Annie Chiu.
  • Oleskan sedikit salep antibiotik di jerawat tersebut, tapi pastikan pendarahannya benar-benar sudah berhenti sebelumnya.

Selain itu, perias wajah Ashleigh Ciucci mengatakan bahwa walaupun Anda berusaha menyamarkan jerawat tersebut, jangan menutupinya dengan make up yang tebal.

Setelah dibersihkan dan dititikkan salep antibiotik, bubuhkan sedikit bedak tabur transparan, lalu aplikasi concealer yang tahan air. Ratakan dengan lembut dengan menggunakan jari tangan. Bubuhkan lagi sedikit bedak tabur transparan.

Jika beberapa jam kemudian penyamaran ini mulai luntur, Anda dapat mengulangi lagi dengan langkah yang sama. Namun, jangan lakukan terlalu sering karena jika Anda melakukan langkah-langkah tersebut berkali-kali maka makeup untuk menutupi jerawat tadi jadi terlihat tebal dan malahan akan membuatnya terlihat lebih jelas. Juga, tumpukan tebal makeup tersebut akan menutupi pori-pori kulit yang akhirnya menimbulkan masalah baru lagi. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini