Sukses

Tips dan Trik untuk Mahasiswa dengan ADHD Menghadapi Dunia Kampus

Kehidupan perkuliahan akan terasa berat bagi beberapa orang tertentu, terutama orang-orang dengan disabilitas mental seperti ADHD.

Liputan6.com, Jakarta - ADHD singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan gangguan perkembangan saraf dan kondisi kejiwaan yang ditandai dengan sulit memusatkan perhatian, cenderung hiperaktif dan impulsif. Pada saat duduk di bangku sekolah dasar dan menengah peran orangtua dan guru sangatlah penting dalam membantu mereka tetap terorganisir dan menyelesaikan tugas.

Namun, saat memasuki perguruan tinggi, mahasiswa ADHD akan menghadapi tantangan baru. Mereka harus belajar mengorganisir diri dan kebutuhannya sendiri. Hal ini bisa menjadi rintangan besar bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam manajemen waktu, impulsivitas, hiperaktivitas, dan ketidakteraturan.

Transisi ke perguruan tinggi bagi mahasiswa ADHD membutuhkan persiapan dan strategi khusus. Mereka harus belajar bagaimana menavigasi sistem pendidikan yang baru, beradaptasi dengan lingkungan belajar yang berbeda, dan mengadvokasi diri mereka sendiri untuk mendapatkan akomodasi yang diperlukan.

"Untuk berhasil di perguruan tinggi membutuhkan keterampilan pengelolaan diri, yang mana merupakan hal paling sulit bagi siswa ADHD," ujar Ari Tuckman, seorang psikolog praktisi di Children and Adults with Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (CHADD) yang dilansir oleh U.S News Kamis (22/2/2024).

Untuk membantu memastikan kesuksesan di perguruan tinggi bagi, para ahli menyarankan beberapa langkah, seperti  mencari dan bertanya tentang akomodasi yang tersedia di kampus, mempertimbangkan untuk menyewa seorang pendamping atau pelatih yang dapat membantu mahasiswa dengan fokus, organisasi, dan perencanaan, yang merupakan area yang sering kali sulit bagi mereka dengan ADHD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebebasan dan Tantangan Bagi Mahasiswa ADHD

Bagi banyak calon mahasiswa dengan ADHD dan orangtua mereka, memilih jurusan kuliah yang mengarah pada karir tertentu merupakan fokus utama.

Namun, Dave Anderson, seorang psikolog senior di Child Mind Institute, menawarkan perspektif yang berbeda. Ia berpendapat bahwa pengalaman kuliah sebaiknya dilihat sebagai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan hidup transisional yang membantu para mahasiswa ini menuju kedewasaan.

Anderson menekankan pentingnya mengembangkan kegigihan, kerja keras, dan kemampuan menyelesaikan proyek, bahkan dalam situasi yang tidak menarik. Keterampilan-keterampilan ini, menurutnya, akan sangat berguna di dunia kerja.

Disisi lain, beberapa mahasiswa dengan ADHD melihat perguruan tinggi sebagai tempat yang menawarkan kebebasan yang lebih besar dibandingkan sekolah menengah. Kebebasan ini memungkinkan mereka memilih kelas sesuai minat dan menyusun jadwal belajar yang sesuai dengan waktu produktif mereka. 

Namun, data menunjukkan bahwa menyelesaikan studi selama empat tahun di perguruan tinggi bisa menjadi tantangan bagi mahasiswa ADHD, terlebih jika tanpa adanya sistem pendukung yang memadai. Sebuah studi tahun 2013 yang dirujuk oleh CHADD menunjukkan bahwa hanya 15% orang dewasa muda dengan ADHD yang berhasil meraih gelar sarjana.

3 dari 4 halaman

Mencari Akomodasi yang Cocok untuk Mahasiswa ADHD

Mahasiswa dengan ADHD berhak mendapatkan akomodasi di tingkat perguruan tinggi. Akomodasi ini dapat berupa waktu ujian yang lebih lama, izin keterlambatan, atau akses ke rekaman audio dan visual dari perkuliahan yang pastinya dapat sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Para ahli mendorong keluarga untuk melakukan penelitian dan membandingkan fasilitas penunjang di berbagai perguruan tinggi sebelum mendaftar. Pertanyaan penting yang perlu diajukan termasuk bagaimana cara mahasiswa dapat mengakses akomodasi yang diperlukan. 

Tuckman mengatakan bahwa terdapat dua faktor utama yang menghambat mahasiswa ADHD dalam mengakses akomodasi yang tersedia.

Pertama, masalah kesadaran diri. Banyak mahasiswa ADHD yakin bahwa mereka mampu mengelola kondisinya tanpa bantuan, meremehkan kebutuhan mereka akan akomodasi. Optimisme ini, meskipun positif, seringkali tidak realistis, dan dapat menyebabkan kesulitan di kemudian hari.

Kedua, stigma terkait dengan ADHD juga berperan. Mahasiswa dengan ADHD mungkin enggan untuk menonjolkan diri atau merasa berbeda dari teman sebaya mereka. Keengganan untuk meminta bantuan, seperti surat untuk waktu tambahan ujian, dapat menghambat mereka dalam mencapai potensi penuh mereka di perguruan tinggi.

Amy Rutherford, seorang direktur MOSAIC di University of Tennessee di Chattanooga, sebuah program yang membantu mahasiswa dengan spektrum autisme - banyak juga di antaranya didiagnosis dengan ADHD - dalam beradaptasi di perguruan tinggi. "Saya sendiri memiliki ADHD," katanya. "Saya tidak suka sekolah, tetapi saya menyadari bahwa itu sangat penting untuk karir. saya"

Memahami kebiasaan kerja masing-masing juga dapat menjadi kunci, tambahnya. Menemukan rutinitas dan tetap berpegang pada itu adalah langkah berikutnya. Rutherford juga mencatat bahwa mahasiswa perlu mampu melakukan pekerjaan dan menemukan apa yang memotivasi mereka. "Memiliki tujuan karier dalam pikiran atau mengetahui 'mengapa' itu begitu penting. Jadilah terbuka untuk hal-hal baru juga."

4 dari 4 halaman

Pertimbangkan Untuk Mencari Pendamping atau Pelatih

Para ahli, termasuk Rutherford, menekankan pentingnya pendampingan atau pelatihan untuk membantu mahasiswa ADHD tetap fokus dan mencapai kesuksesan. Di sisi lain, Tuckman menyarankan agar mahasiswa dengan ADHD mencari seorang pelatih yang dapat membantu mereka membuat rencana belajar, menyelesaikan tugas, dan mempersiapkan diri untuk ujian.

Perry LaRoque, pendiri Mansfield Hall dan Virtual Hall, program dukungan perguruan tinggi untuk neurodiverse, menjelaskan bahwa tim pelatihnya biasa membantu mahasiswa dengan berbagai aspek akademik dan pribadi, termasuk perhatian, organisasi, manajemen waktu, dan regulasi emosional.

Bagi keluarga yang ingin mencari perguruan tinggi yang tepat bagi anak mereka dengan ADHD, penting untuk menanyakan apakah perguruan tinggi tersebut dapat merekomendasikan layanan pendampingan atau pelatihan di kampus atau di daerah tersebut. 

Dengan dukungan dan layanan yang tepat, mahasiswa dengan ADHD dapat mencapai kesuksesan di perguruan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.