Sukses

Badan Amal Inggris Ciptakan Software yang Bantu Penyandang Disabilitas Fisik Mainkan Minecraft dengan Mata

Liputan6.com, Jakarta Sebuah badan amal di Inggris menciptakan sebuah perangkat lunak (software), yang membantu penyandang disabilitas fisik untuk dapat lebih mudah dalam memainkan gim Minecraft.

Badan amal bernama SpecialEffect tersebut memang mendedikasikan dirinya untuk membantu penyandang disabilitas fisik untuk dapat bermain game.

Mereka memilih Minecraft karena banyak pemain dengan disabilitas fisik yang harus berjuang keras untuk dapat menikmati gim yang diciptakan oleh Mojang tersebut.

Melansir Gamesradar, Selasa (13/7/2021), perangkat lunak bernama EyeMine itu dapat diunduh gratis dan dimodifikasi ke dalam permainan tersebut. Nantinya, pemain disabilitas dapat bermain dengan menggerakkan mata mereka.

"EyeMine memungkinkan Anda memainkan Minecraft hanya dengan menggunakan gerakan mata saja," kata Bill Donegan, pimpinan proyek tersebut.

Donegan mengatakan, software tersebut seperti kibor di layar yang memungkinkan pemain melihat tombol yang berbeda dan melakukan tindakan dalam gim.

2 dari 5 halaman

Dirilis Sejak 2018

Proyek ini sendiri sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2018. Pemain pertama yang dilihat oleh SpecialEffect menggunakan EyeMine berada di Jepang, yang kemudian dengan cepat digunakan oleh banyak orang di dunia.

Donegan mengatakan, di 2020, mereka bekerja dengan menghadirkan versi EyeMine yang terbaru dan lebih baik untuk Minecraft, yang diluncurkan di bulan Januari 2021.

Pembaruan tersebut memberikan sejumlah fitur baru untuk membuat software itu lebih mudah digunakan dan lebih efektif dalam gim untuk pemula, maupun pengguna EyeMine yang sudah berpengalaman.

EyeMine sendiri membantu pemain mengontrol permainan dengan Eye Gaze, teknologi yang dapat digunakan untuk mengendalikan komputer melalui gerakan mata, seperti pelacak mata atau eye-tracker.

3 dari 5 halaman

Dimulai dari Respons Pengguna

Becky Tyler, salah satu pengguna EyeMine yang sudah berpengalaman, mengatakan bahwa dirinya bisa membangun emporium hewan peliharaan hanya dalam tiga jam, setelah menggunakan fitur baru perangkat lunak itu.

"Saya benar-benar menikmati membangun emporium hewan peliharaan saya! Itu lebih cepat dalam versi terbaru EyeMine, yang membuat prosesnya jauh lebih sedikit dari pengulangan dan melelahkan."

SpecialEffect awalnya mulai mengembangkan perangkat lunak itu sebagai respons atas seorang pengguna Eye Gaze, yang menyatakan keinginannya untuk memainkan MineCraft, setelah menonton permainannya di YouTube.

Setelah mereka memiliki program perangkat lunak yang dapat digunakan di dalam gim, pengembangan lanjutan EyeMine dari respon pengguna pun membawa mereka mengeluarkan pembaruan software tersebut.

Hal ini juga membawa pada peluncuran situs Eye Gaze Games baru di akhir tahun lalu, yang menampilkan pilihan permainan yang bisa dimainkan menggunakan Eye Gaze.

Selain menawarkan pilihan permainan untuk dinikmati bagi penyandang disabilitas fisik, SpecialEffect berharap ini juga akan menunjukkan kepada pengembang gim mengenai apa yang bisa dilakukan dengan teknologi tersebut.

4 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini