Sukses

PEPE Coin Menguat 2 Digit dalam Sehari, Berikut Kinerjanya

PEPE mengimbau komunitas cryptocurrency dengan melembagakan kebijakan tanpa pajak, sistem redistributif yang memberi penghargaan kepada pemegang saham jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - PEPE adalah memecoin deflasi yang diluncurkan di Ethereum. Cryptocurrency dibuat sebagai penghargaan untuk karakter meme di internet Pepe the Frog, yang dibuat oleh Matt Furie, yang mendapatkan popularitas pada awal tahun 2000-an.

Dilansir dari Coinmarketcap, proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan popularitas koin meme, seperti Shiba Inu dan Dogecoin, dan berusaha untuk memantapkan dirinya sebagai salah satu cryptocurrency berbasis meme teratas. 

PEPE mengimbau komunitas cryptocurrency dengan melembagakan kebijakan tanpa pajak, sistem redistributif yang memberi penghargaan kepada pemegang saham jangka panjang, dan mekanisme pembakaran untuk mempertahankan kelangkaan koin PEPE.

Peta jalan PEPE menampilkan tiga fase, di mana fase pertama termasuk daftar di CoinMarketCap, dan mendapatkan trending $PEPE di Twitter, sementara fase dua termasuk daftar di bursa terpusat (CEX) dan fase tiga termasuk daftar pertukaran tingkat 1.

Harga PEPE Coin

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (22/5/2024) PEPE Coin masih menguat sebesar 25,04 persen dalam 24 jam terakhir dan 24,91 persen sepekan. Harga PEPE Coin saat ini berada di level Rp 0,2214 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 60 triliun. 

PEPE Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 93 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 391,7 triliun PEPE Coin dari maksimal suplai 420,6 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

El Salvador Berhasil Tambang 473 Bitcoin Gunakan Energi Panas Bumi

Sebelumnya, El Salvador, negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, dilaporkan telah menambang 473,5 Bitcoin ke perbendaharaannya menggunakan energi panas bumi. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (21/5/2024), menurut laporan, data resmi yang dirilis oleh The Bitcoin Office of El Salvador (ONBTC) mengungkapkan jumlah bitcoin ini ditambang sejak 2021 menggunakan daya 1,5 MW dari kompleks vulkanik Tecapa.

Bitcoin ditambang oleh 300 penambang di pembangkit listrik tenaga panas bumi Berlin menggunakan energi yang disediakan oleh kompleks vulkanik Tecapa. Mata uang kripto ini adalah bagian dari lebih dari 5.750 BTC yang saat ini disimpan El Salvador di alamat perbendaharaan publiknya, yang diungkapkan oleh Presiden Nayib Bukele awal tahun ini.

Bukele sempat melontarkan beberapa komentar tentang pemanfaatan energi panas bumi, sejenis tenaga yang diperoleh dari uap yang dipanen dari reservoir yang terletak di bawah bumi untuk menjalankan turbin. 

Dia bahkan memposting video yang menunjukkan dimulainya operasi pembangkit listrik tenaga panas bumi di Berlin, menampilkan koneksi beberapa penambang bitcoin. 

Meskipun demikian, ini adalah salah satu peluang pertama di mana pemerintahan Bukele menawarkan keseimbangan mengenai hasil dari inisiatif pertambangan ramah lingkungan ini.

Proyek ini rencananya akan diperluas, mengingat hanya 1,5 MW dari 120 MW yang diproduksi oleh pembangkit listrik di Berlin yang saat ini digunakan untuk tujuan ini. 

Pada 2022, Bukele mengonfirmasi negara tersebut telah melakukan investasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan listrik panas bumi, dan mengungkapkan mereka telah menemukan sumur yang mampu menghasilkan 95 MW pada 2022. 

Ini mungkin merupakan seluruh listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan Bitcoin City, sebuah kota metropolitan yang diumumkan oleh presiden pada 2021 yang akan digerakkan oleh energi hijau.

3 dari 4 halaman

Regulator Inggris Bakal Terima Persetujuan Produk ETN Bitcoin dan Ethereum

Sebelumnya, Financial Conduct Authority (FCA), Pengawas industri jasa keuangan di Inggris, mengumumkan mereka akan menerima Exchange Traded Notes (ETN) untuk Bitcoin dan Ethereum.

ETN adalah instrumen utang yang didukung oleh penerbitnya, bukan kumpulan aset. ETN harus didukung secara fisik, memastikan aset kripto yang mendasarinya terutama disimpan di cold storage. 

Selain itu, aset tersebut harus disimpan oleh kustodian yang tunduk pada undang-undang Anti Pencucian Uang di Inggris, Uni Eropa, Swiss, atau Amerika Serikat.

Namun, pengawas tersebut mengatakan ETN ini hanya akan tersedia bagi investor profesional atau lembaga yang berwenang untuk beroperasi di pasar keuangan. 

Digambarkan sebagai jenis sekuritas utang tanpa jaminan, ETN melacak sekuritas yang mendasarinya dan tidak membayar bunga reguler. Setelah jatuh tempo, ETN membayar tunai berdasarkan kinerja sekuritas yang mendasarinya.

Butuh Pengawasan

Dalam pernyataannya, FCA juga memperingatkan Bursa Investasi yang Diakui (RIE) yang ingin meluncurkan ETN mereka perlu memiliki kontrol yang memadai. 

“Kontrol tersebut menjamin perdagangan yang tertib dan perlindungan investor. Selain itu, ETN kripto harus memenuhi semua persyaratan pencatatan negara tersebut,” kata FCA, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (19/5/2024).

4 dari 4 halaman

FCA Menegaskan Kembali Posisi Aset Kripto

Menurut pernyataan tersebut, FCA awalnya mengeluarkan perintah pada Januari 2020. Perintah ini melarang penawaran atau penjualan turunan kripto dan ETN yang merujuk pada jenis aset kripto tertentu.

Dalam pernyataan yang sama, FCA juga menegaskan kembali posisinya terhadap investasi kripto dan memperingatkan risiko terkait. Badan pengawas tersebut menyimpulkan pernyataannya dengan menjelaskan bagaimana mereka menerapkan undang-undang yang ada untuk mengecualikan perusahaan-perusahaan yang tidak memenuhi standar minimum untuk mencegah kejahatan keuangan.

Secara khusus, undang-undang ini telah diterapkan untuk melindungi pengguna yang berbasis di Inggris dari pemasaran kripto yang tidak adil atau menyesatkan dan untuk memperingatkan orang-orang akan penipuan kripto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.